Cara Mengubah File JPG, Ms Word, Ms Excel, Menjadi PDF Dengan Nitro PDF Creator


Portable Document Format atau yang sering dikenal dengan PDF adalah salah satu jenis ekstensi file yang merupakan dokumen hasil ubahan dari file lainnya. File yang sering kali di ubah menjadi file PDF adalah file jpg atau gambar, teks dengan ekstensi MS Word atau juga Excel, dan file teks lainnya.

Biasanya maksud dari mengubah file gambar atau teks menjadi PDF, untuk mempermudah penyimpanan, atau juga untuk menghindari terubahnya data secara tidak sengaja. Untuk mengubah file jpg, MS Word, dan MS Excel menjadi PDF biasanya menggunakan software atau aplikasi khusus.

Walau saat ini sudah ada cara mengubah file tersebut menjadi PDF secara online, biasanya file PDF yang dihasilkan akan memiliki Water Mark atau tanda air. Dan untuk menghapus tanda air ini, kita akan diminta untuk membayar sejumlah uang untuk meng-upgrade akun kita tersebut.
Baca Juga : Cara Edit Foto Dengan Mudah Dengan Aplikasi Photoshop
Nah, kali ini TrenDi Info akan membagikan cara mengubah file JPG, MS Word, MS Excel, menjadi PDF dengan mudah dan pastinya gratis. Bahkan, kamu juga bisa mengubah file PDF menjadi JPG, MS Word, ataupun MS Excel kembali. Bagaimana caranya?

Mengubah File atau Dokumen Menjadi PDF dengan Aplikasi Nitro PDF Creator

Untuk mengubah file atau dokumen seperti gambar, MS Word ataupun MS Excel menjadi PDF, kita membutuhkan aplikasi PDF Creator yang berfungsi untuk mengubah format awal menjadi PDF. Walau sudah banyak aplikasi PDF Creator yang bisa digunakan, namun kami sangat merekomendasikan aplikasi PDF Creator besutan GoNitro yang diberi nama Nitro PDF.

Nitro PDF Creator ini memiliki banyak fungsi dan kemampuan untuk menciptakan dokumen menjadi PDF ataupun sebaliknya. Bahkan dengan aplikasi Nitro ini, kamu bisa menggabungkan (combine/ merger) beberapa file PDF menjadi satu dokumen saja.

Berikut ini cara mengubah file JPG, MS Word, atau MS Excel menjadi PDF, serta fitur lainnya yang bisa kamu gunakan, seperti menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu, pada aplikasi PDF Creator dari Nitro ini.
cara mengubah excel, word, jpg, menjadi PDF

Aplikasi PDF Creator dan Combiner dari Nitro PDF

Jika kamu belum memiliki aplikasi Nitro PDF ini, kami sudah menyiapkan tautan aman untuk mengunduh atau mendownload aplikasi PDF Creator Nitro ini. Namun sebelumnya, karena ukuran aplikasi ini lumayan besar, maka kami memecah/ split file tersebut menjadi beberapa bagian dengan ekstensi File seperti '001 File', '002 File' dan seterusnya.
Download : Nitro PDF Creator - HJSplit
File yang sudah terdownload nantinya, wajib kamu satukan kembali menjadi satu bagian utuh menggunakan aplikasi HJ Split. Simak ulasan cara menggabungkan file dengan ekstensi (dot) File di artikel berikut :

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Aplikasi Nitro PDF (Dengan Gambar)

Jika kamu sudah mendownload aplikasi PDF Nitro tersebut, maka saatnya kita membahas apa saja fitur unggulan atau kelebihan Nitro PDF ini dibandingkan aplikasi PDF Creator lainnya. Selain bisa untuk membaca file PDF, Nitro PDF dapat menjadikan berbagai jenis dokumen atau file menjadi dokumen PDF.
Namun terlebih dahulu, pastikan Aplikasi Nitro PDF tersebut sudah terinstal dengan baik. Silahkan buka terlebih dahulu "Control Panel" dan check pada "Hardware and Sound". Pilih icon yang bertuliskan "Devices and Printers". Pada bagian paling bawah (biasanya), atau di bagian pilihan "Printers", akan terlihat Aplikasi Nitro PDF yang berfungsi sebagai Printer. Seperti gambar dibawah ini :
mengubah file jpg, ms word, ms excel, menjadi pdf
Nitro PDF Terinstal Menjadi Printer

1. Mengubah Dokumen Berupa Gambar atau Teks Menjadi PDF

Sudah pasti, aplikasi ini dapat mengubah berbagai jenis dokumen dengan ekstensi .txt, .jpg, .doc, .xls, bahkan dokumen presentasi seperti Power Point. Intinya, apapun jenis dokumen tersebut, selagi masih bisa di cetak/ diprint, maka dokumen tersebut bisa jadikan file PDF. Menakjubkan bukan?

Caranya juga sangat mudah, jika kamu sudah menginstal aplikasi Nitro PDF tersebut, maka secara otomatis aplikasi tersebut dapat dijadikan 'Printer' yang akan mencetak dokumen menjadi PDF. Tinggal buka dokumen yang akan kamu ubah menjadi PDF, pilih "Print" atau bisa dengan "Ctrl + P", dan pilih Nitro PDF.
mengubah dokumen menjadi pdf dengan nitro pdf

2. Mengubah Dokumen PDF Menjadi MS Word, JPG, dan MS Excel

Selain mengubah dokumen menjadi PDF, aplikasi Nitro PDF ini bisa menjadikan dokumen PDF kembali ke format data awal. Misalnya, menjadikan PDF ke format Excel (xls/ xlsx), atau menjadi Word (doc/ docx), dan PDF ke JPG. 

Namun, perlu diingat bahwa mengubah PDF menjadi MS Word, MS Excel, atau JPG ini, harus melihat file aslinya terlebih dahulu. Jika file awalnya adalah MS Excel, kamu hanya bisa mengubah file PDFnya menjadi file MS Excel saja.

Walau pada kenyataannya kamu bisa mengubah file PDF menjadi dokumen apapun, tetapi hasil konversinya tidak akan sempurna. Untuk mengubah PDF menjadi dokumen berupa Gambar, ataupun docs atau xls, buka aplikasi Nitro PDF, dan pilih jenis ekstensi yang kamu inginkan pada icon di bar atas (misalnya "seperti gambar di bawah ini.
Cara Mengubah File JPG, Ms Word, Ms Excel, Menjadi PDF

Setelah itu, pilih "Add Files" dan klik "Convert". Dokumen PDF akan otomatis menjadi dokumen MS Excel (xls). 

3. Menggabungkan Beberapa Dokumen Menjadi Satu File PDF

Fungsi lain dari aplikasi Nitro PDF ini adalah menggabungkan atau combine/ merge beberapa dokumen menjadi satu dokumen PDF saja. Kamu tidak harus menjadikan dokumen tersebut menjadi PDF terlebih dahulu. Karena kamu bisa menggabungkan beberapa jenis dokumen seperti MS Word, MS Excel, dan JPG sekaligus.

Caranya juga sangat mudah, buka aplikasi Nitro PDF, pilih "Combine" dan klik "Add Files" untuk menambahkan file yang mau disatukan atau digabungkan menjadi satu file PDF. Setelah itu, klik "Create".
menggabungkan/ merge dokumen menjadi satu dokumen PDF

4. Menambahkan Teks

Kelebihan Nitro PDF yang selanjutnya, kamu bisa menambahkan Teks kedalam dokumen PDF. Biasanya tujuan menambahkan teks ini untuk memberikan catatan khusus pada salah satu bagian atau halaman PDF.

5. Menghapus Halaman Yang Tidak Diinginkan

Biasanya saat kita mengubah dokumen menjadi PDF, terkadang kita tidak sengaja menyelipkan dokumen atau halaman kosong yang tidak ada artinye. Inilah kelebihan lainnya dari aplikasi pembuat PDF ini. Kamu dapat menghapus beberapa halaman didalam dokumen PDF dengan mudah. Dan tenang saja, kamu tidak perlu takut file tersebut rusak.

Perhatikan gambar berikut ini untuk menghapus bagian/ halaman yang tidak diinginkan pada PDF.
cara menghapus beberapa halaman pdf
Menghapus Halaman PDF

Kesimpulan

Mudah sekali bukan cara mengubah file JPG, MS Word, MS Excel, menjadi PDF dengan Nitro PDF ini. Masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan dengan aplikasi ini, seperti menjadi aplikasi untuk menjalankan fungsi Scanner, Snapshoot, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat, dan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan seputar aplikasi pembuat file PDF ini.

0 Response to "Cara Mengubah File JPG, Ms Word, Ms Excel, Menjadi PDF Dengan Nitro PDF Creator"

Post a Comment

Pesan Anda Sedang Di Moderasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...