U2FsdGVkX195+fHqBq2gMzyB6ntFa3LfAeMQFa4roz8vrtgaRdo8qxJEyipK1KbWdCmooGheXxEzZxCxGBP4Sg==
WhatsApp Error? WhatsApp merupakan sebuah aplikasi yang menjadi salah satu aplikasi chatting yang paling banyak digunakan oleh seluruh orang di dunia. Namun tidak jarang kita menjumpai ketika WhtasApp menjadi error atau bermasalah. Jika aplikasi WhatsApp error, tentunya akan sangat mengganggu aktivitas kita. Terlebih saat ini, aplikasi WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang dijadikan media berbisnis melalui WhatsApp bisnis.

Macam-macam WhatsApp error ini bisa dikarenakan oleh banyak sebab, seperti tidak kompatiblenya perangkat, atau juga aplikasi yang diunduh bukan versi asli. Error di WhatsApp yang paling sering dialami oleh pengguna seperti tidak menerima kode aktivasi, tidak bisa install aplikasi WhatsApp, atau aplikasi WhatsApp tidak bisa terhubung.

whatsapp error

Cara Mengatasi Aplikasi WhatsApp Error di Android

Untuk mengetahui cara mengatasi WhatsApp Error di android, kita harus mecari tahu apa permasalahan yang dialami oleh Smartphone kamu. Karena beda permasalahan, beda solusinya. Simak penjelasan jenis error yang terjadi pada WhatsApp dan bagaimana cara mengatasi WhatsApp yang error berikut ini.

1. Aplikasi WhatsApp Error Saat di Install

Jika kamu tidak bisa menginstall WhatsApp di Smartphone Android kamu, maka permasalahannya terletak pada Smartphone Android kamu sendiri. WhatsApp Error saat di install, biasanya terjadi karena perangkat tidak kompatible dengan aplikasi WhatsApp yang di download. Saat ini, aplikasi WhatsApp hanya bisa di install pada SmartPhone Android dengan versi 2.2 (Ginger Beard) ke atas.

Cek terlebih dahulu versi Smartphone kamu, dengan cara memili menu Setting, pilih "Abou Phone: dan kamu akan tahu apakah versi Smartphone kamu sudah melebih versi 2.3 ini. Namun, biasanya untuk Smartphone keluaran 2017 ke atas, versi Android yang digunakan kemungkinan besar sudah di atas versi 2.3.

2. Tidak Mendapatkan Kode Aktivasi Saat Install WhatsApp

Ketika kamu sudah menginstall aplikasi WhatsApp, kamu akan diminta untuk memasukkan kode aktivasi untuk membuktikan bahwa kamu bukan robot. Kode aktivasi ini biasanya diterima melalui pesan singkat atau SMS. Namun, beberapa kejadian menyebutkan, bahwa kode aktivasi WhatsApp ini tidak kunjung diterima.\

Sebelum melakukan proses pengiriman kode aktivasi, ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu hal-hal penting berikut:

  1. Pastikan nomor yang dimasukkan adalah nomor yang berada didalam ponsel,
  2. Pastikan nomor tersebut tepat,
  3. Pilih negara yang sesuai dengan nomor yang didaftarkan,
  4. Pastikan jaringan internet kamu sedang pada kondisi baik.

Jika ketiga hal tersebut sudah benar, dan kamu belum mendapatkan kode aktivasi WhatsApp, kamu bisa menggunakan metode Voice Call. Pihak WhatsApp akan menelepon kamu dan akan memberikan kode aktivasi yang kamu minta. Namun, pastikan kamu mendengarkan kode yang akan diberikan, karena biasanya pihak WhatsApp akan menelepon dengan Bahasa Inggris.

3. WhatsApp Error Tidak Bisa Dibuka, Down atau Tidak Bisa Konek

Jika kamu mendapati error di WhatsApp seperti tidak bisa dibuka, maka kamu perlu sedikit repot untuk mematikan beberapa aplikasi lainnya. Kamu perlu menghapus data aplikasi yang kira-kira bisa memberatkan sistem operasi perangkatb kamu. Tidak perlu di hapus, cukup pergi ke Setting, pilih aplikasi, dan hapus data. Biasanya aplikasi WhatsApp menjadi tidak bisa dibuka, karena memori smartphone sedang penuh.

Pastikan juga aplikasi WhatsApp yang kamu install adalah aplikasi terbaru yang sudah kamu update di Playstore. Jika WhatsApp masih error, coba lakukan cara berikut ini :

  1. Hapus aplikasi WhatsApp,
  2. Restart HP kamu,
  3. Pastikan kondisi memori HP dalam keadaan mencukupi,
  4. Download ulang aplikasi WhatsApp di Playstore.

Jika kamu memasang aplikasi sejenis Task Killer, pastikan aplikasi tersebut tidak mematikan aplikasi WhatsApp. Untuk aplikasi yang susah mengirim pesan karena down, sebaiknya kamu periksa aplikasi WhatsApp di smartphone teman atau keluarga kamu. Bisa saja, server utama dari WhatsApp yang memang sedang down dan error.

4. Aplikasi WhatsApp Tidak Bisa Mendeteksi Kontak

Ada beberapa alasan kenapa aplikasi WhatsApp tidak bisa mendeteksi kontak pada smartphone Android, dan berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Pastikan kamu sudah memasukkan nomor kontak dengan benar.
  2. Pastikan nomor mereka juga menggunakan aplikasi WhatsApp.
  3. Gunakan versi WhatsApp yang terbaru.
  4. Di daftar kontak pada smartphone, pastikan kamu sudah men-setting agar bisa dilihat (baik oleh manusia maupun aplikasi). Hal ini juga berlaku untuk grup kontak.

5. Terdapat Kontak Ganda di WhatsApp

Mungkin kamu pernah menemukan kontak WA temanmu menjadi double atau ganda. Sebenarnya hal ini bukan karena WhatsApp error, tetapi karena kamu menyimpan dua nomor yang sama walau dengan nama yang berbeda.

Misalnya, kamu menyimpan nomor WhatsApp Budi dengan nomor 08123456789. Suatu ketika, kamu menyimpan nomor saudara Budi yang sebenarnya sama dengan Nomor Budi. Sehingga, kontak WA yang disimpan akan menjadi ganda.

6. Video Tidak Bisa Diputar di WhatsApp

Terkadang kamu menerima video yang dikirimkan oleh teman kamu melalui WhatsApp, dan sayangnya secara tiba-tiba video tersebut tidak bisa dipuar. WhatsApp sebenarnya menggunakan aplikasi pendukung untuk memutar video, yakni Google Photos.

Untuk itu, jika video tidak bisa diputar di WhatsApp, kamu harus pastikan bahwa aplikasi Google Photos sudah terupdate dengan versi terbarunya. Jika cara tersebut tidak berhasil, cobalah pergi ke menu Setting » Apps » Google+ dan tap Uninstall updates.

7. Voice Call WhatsApp Error

Jika kamu mengalami masalah saat melakukan voice call (panggilan suara) menggunakan WhatsApp, ada beberapa cara untuk mengatasinya.

Tidak bisa melakukan voice call ataupun menjawab voice call di WhatsApp disebabkan oleh koneksi internet. Jadi, pastikan koneksi internet (Wi-Fi atau data mobile) kuat dan cepat.

Barangkali kamu juga perlu untuk mematikan koneksi internet dan menghidupkannya kembali. Masalah ini juga tergantung dengan orang yang melakukan voice call dengan mu, pastikan dia juga memiliki koneksi internet yang bagus.

8. WhatsApp Tidak Bisa Memutar Pesan Audio

Masalah ini mungkin berhubungan dengan fitur proximity sensor yang diandalkan oleh WhatsApp. Biasanya, proximity sensor bisa kamu temukan dekat kamera depan di smartphone android.

Pastikan fitur tersebut tidak rusak dan jangan dekatkan perangkat ke muka atau telinga saat ingin mendengarkan pesan audio dari WhatsApp. Jangan lupa untuk menaikkan volume jika suara terlalu pelan.

9. Tidak Bisa Download Foto atau Video di WhatsApp

WhatsApp error selanjutnya adalah tidak bisa menyimpan foto atau video yang dikirim. Jika kamu menemukan masalah WhatsApp Error seperti ini, pastikan terlebih dahulu bahwa memori smartphone android kamu tidak dalam keadaan penuh.

Jika memori masih mencukupi untuk menerima file tersebut, coba untuk menyeting beberapa hal sebagai berikut :

  1. Pilih Setting pada aplikasi WhatsApp,
  2. Pilih Data Usage
  3. Aktifkan Fitur media auto-download,
  4. Pilih Images dan Video

10. WhatsApp Diblokir di Negara Saya

Jika WhatsApp tidak bisa digunakan karena diblokir oleh negara tertentu, kamu bisa menggunakan aplikasi VPN yang bisa menyamarkan IP seolah-olah kamu sedang berada di negara yang tidak memblokir WhatsApp.

Gunakan aplikasi VPN seperti Rocket VPN dan gunakan server US, karena di Amerika WhatsApp jelas tidak diblokir. Kamu juga bisa memilih server lain. Atau juga kamu bisa menggunakan aplikasi Super VPN di bawah ini :
Download Aplikasi Super VPN
Nah, itulah beberapa solusi atas masalah dan error yang terjadi pada aplikasi WhatsApp. Jika ada error lain yang belum tercantum pada artikel ini, silahkan beri tahu saya lewat komentar.
Loading...