U2FsdGVkX195+fHqBq2gMzyB6ntFa3LfAeMQFa4roz8vrtgaRdo8qxJEyipK1KbWdCmooGheXxEzZxCxGBP4Sg==
Jika kamu sedang mencari contoh proposal usaha, maka kamu sudah berada di website yang tepat. Karena kali ini TrenDi Info akan memberikan contoh proposal usaha terlengkap dan berkualitas serta pastinya tampil beda dengan proposal bisnis pada umumnya. Kamu juga akan mengetahui bagaimana cara membuat proposal usaha yang berkualitas bagi pemula, sehingga pengajuan kamu akan diterima oleh pihak ketiga.

Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini banyak sekali peluang usaha yang menjanjikan. Namun sering kali peluang usaha tersebut menjadi sia-sia karena kita terkendala oleh modal. Walau sebenarnya ada juga peluang bisnis tanpa modal, namun tetap saja kita tetap membutuhkan suntikan dana dari pihak ketiga. Dan oleh karena itu, kita mengajukan proposal usaha atau bisnis, baik proposal usaha kecil, atau juga proposal usaha lainnya,  dengan maksud mendapatkan kucuran dana untuk menambah modal bisnis kita.
contoh proposal usaha, cara membuat proposal usaha untuk pemula

Tujuan Membuat Proposal Usaha, Tidak Selalu Karena Uang

Tujuan membuat proposal usaha sebenarnya tidak hanya terbatas untuk menambah modal saja. Melainkan juga untuk meningkatkan relasi bisnis yang saat ini menjadi sangat penting dalam dunia usaha, terlebih untuk pemula di dunia usaha dan juga startup. Relasi bisnis yang diciptakan melalui proses pengajuan kerjasama melalui proposal bisnis ini, akan mengembangkan citra perusahaan yang sedang dikembangkan.

Beberapa pelaku bisnis di bidang jasa yang saya kenal, menyatakan bahwa, contoh proposal bisnis yang mereka ajukan tidak selalu bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Sebagai contoh, ketika mereka mengajukan proposal usaha kerjasama dibidang Event Organizer, mereka hanya ingin mendapatkan kesempatan untuk menampilkan kinerja mereka kepada publik.

Target mereka sebenarnya adalah keuntungan jangka panjang, dengan harapan ketika acara yang mereka kerjakan sukses, akan ada yang melirik jasa mereka dan menggunakannya untuk membuat acara yang lebih besar. Untuk itu, mereka selalu mengoptimalkan tujuan mereka ketika membuat proposal usaha kepada para investor.

Cara Membuat Proposal Usaha Bagi Pemula dan Pasti Diterima

Jika kamu sudah memahami tujuan membuat proposal usaha, maka kamu pasti tahu bagaimana cara membuat proposal usaha yang benar-benar sesuai dengan kriteria usaha kamu. Walau kamu masih pemula di bidang bisnis, kamu tidak perlu takut untuk mengutarakan ide usaha kamu melalui pengajuan proposal.

Secara umum, cara membuat proposal usaha, baik untuk usaha kecil di bidang penjualan produk, atau usaha jasa seperti Event Organizer, adalah sama dengan membuat permohonan pengajuan dana. Hanya saja, kemasannya saja yang dibungkus lebih rapi.

Namun permasalahannya, contoh proposal usaha yang saat ini ada, hanya contoh proposal usaha yang terkesan kaku, dan tidak mengikuti zaman. Ada beberapa kerangka penyusunan poposal yang sudah tidak diperlukan, seperti penggunaan pendahuluan, isi, penutup yang secara telak ditulis ala kadarnya.

Sudah tentu, kemasan proposal yang terlihat lebih berwarna dan berbeda akan mudah dilirik oleh investor yang kamu incar. Akan ada banyak pesaing yang mengajukan proposal bisnis yang sama, sehingga akan memperkecil peluang proposal kamu dibaca. Apalagi jika kamu seorang pemula. Untuk itu, perhatikan cara membuat proposal usaha berikut ini :

1. Gunakan Cover Proposal Yang Terbaik Dengan Desain Berwarna

Jangan lihat buku dari sampulnya, dan ternyata itu tidak berlaku di dunia bisnis. Sampul proposal usaha yang terlihat berbeda, memiliki kemungkinan besar untuk mendapatkan perhatian lebih dari calon investor. Jika kamu masih menggunakan halaman sampul layaknya sampul buku biasa, maka saatnya untuk berinovasi.

Kamu bisa menggunakan kertas foto dengan model jilid spiral untuk menambah kesan profesional. Jangan gunakan struktur penulisan seperti penulisan halaman Skripsi, karena hal tersebut sangat terlihat kuno dan kaku. Gunakan bahasa yang mengajak, ekstrim, dan tegas. Seperti :

"Proposal Bisnis - Kami Pastikan, Bahwa Anda Membutuhkan Kami"

Kalimat tersebut pasti lebih terasa dari pada menggunakan kalimat yang biasa kamu jumpai di contoh proposal usaha pada umumnya. Desain sebaik mungkin halaman pertama ini, karena hal ini sangat menjadi penentu diterima atau tidaknya proposal usaha kamu nantinya.

2. Bahas Keuntungan Diawal Proposal Kamu

Jika pada contoh proposal usaha yang pernah kamu lihat, selalu menggunakan latar belakang masalah dan sebagainya, saatnya kamu menggantinya dengan cara yang lebih keras. Bahas keuntungan yang didapatkan oleh investor kamu di halaman pertama proposal. Untuk apa?

Perlu kamu ingat, bahwa tujuan dari bisnis adalah mendapatkan keuntungan. Dan membahas keuntungan apa yang akan didapat di halaman awal proposal, akan menjadikan calon investor kamu terkejut dan penasaran untuk membaca rincian kerja yang kamu tawarkan.

Jika kamu sudah mengkalkulasikan keuntungan yang akan didapat, kamu akan dengan mudah menuliskan penjelasan rinci terkait keuntungan tersebut. Sebut saja, proposal yang kamu ajukan memiliki kemungkinan profit mencapai Rp. 50 Jt/ bulannya. Maka kamu bisa menuliskan di awal proposal kamu seperti :

"Bukan Fiksi, Ini Realita - Proposal Kami Menghadirkan Keuntungan 50 Juta Setiap Bulannya"

Namun jangan sembarangan menuliskan keuntungan, karena jika cara kerja yang kamu paparkan tidak masuk diakal, maka tidak ada artinya proposal bisnis yang kamu ajukan tersebut.

3. Gunakan Gambar Pendukung Yang Sesuai dan Menarik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa penampilan adalah segalanya. Sebagus apapun isi proposal usaha kamu, tidak akan berguna jika kamu tidak bisa mengemasnya dengan baik. Untuk itu, kamu wajib membuat proposal yang disertai dengan gambar yang sesuai dengan project yang kamu tawarkan.

Gambar dapat berupa diagram, skema kerja, atau juga SOP kerja yang ditawarkan. Gambar-gambar ini akan mempermudah calon investor kamu memahami alur kerja dan logika berfikir. Kamu bisa menggunakan aplikasi editor foto seperti Photoshop atau editor gambar lainnya.

4. Jelaskan Siapa Kamu Sebenarnya

Jika kamu seseorang profesional dibidang bisnis, maka sudah pasti calon investor akan dengan mudah menerima proposal usaha kamu. Tetapi bagaimana jika kamu adalah seorang pemula dibidang usaha dan belum memiliki nama? Besar kemungkinan proposal usaha kamu akan ditolak sebelum dibaca.

Oleh karena itu, saya sangat menyarankan untuk menjelaskan profil perusahaan kamu dibagian akhir proposal. Membuat proposal usaha untuk pemula, berarti lebih cenderung menjual ide dari pada menjual nama.

Jelaskan profil dengan sejelas mungkin, seperti :
  • Nama Pemilik Usaha,
  • Alamat Perusahaan
  • Legalitas Perusahaan
  • Profil Tim
  • Pengalaman Kerja
  • Nama Website/ Sosial Media
Setelah semua sudah rampung, maka jangan lupa untuk menyertakan kontrak bisnis di bagian akhir. Kontrak bisnis ini dapat berisi bagaimana kerjasama ini akan terjalin, dan bagaimana sistem pembagian hasilnya?

Download Contoh Proposal Usaha Gratis

Dan inilah yang kamu tunggu-tunggu bukan? Yaitu contoh proposal usaha yang bisa kamu download secara gratis. Contoh proposal ini adalah salah satu proposal usaha yang kami ajukan ke dinas pemerintah dinas Pekerjaan Umum.

Kamu bisa mengkombinasikan contoh proposal usaha ini dengan kebutuhan kamu dengan bebas. Dan yang paling penting, adalah bagaimana cara membuat proposal usaha dengan ide sendiri. Silahkan dapatkan contoh proposal usaha di SINI.

Semoga artikel Contoh Proposal Usaha, Serta Cara Membuat Proposal Usaha Bagi Pemula ini dapat bermanfaat. Dan jangan lupa, untuk berkomentar dan share artikel ini di media sosial milik kamu. 
Loading...