U2FsdGVkX195+fHqBq2gMzyB6ntFa3LfAeMQFa4roz8vrtgaRdo8qxJEyipK1KbWdCmooGheXxEzZxCxGBP4Sg==
Jerawat batu atau cystic acne adalah salah satu penyakit kulit yang membentuk menyerupai gigitan nyamuk. Jerawat ini berada jauh di dalam kulit yang disebabkan penyumbatan oleh sel kulit mati, atau bisa juga disebabkan karena terperangkapnya bakteri di dalam pori-pori (Sumber : hellosehat.com). Jerawat batu ini lebih keras dari pada jerawat pasir atau jerawat biasa, dan terkadang menimbulkan bekas hitam seperti noda.

Banyak cara untuk menghilangkan jerawat batu ini, namun cara yang paling tepat adalah dengan mengobati jerawat batu secara alami. Perawatan dari luar kulit menjadi salah satu cara yang tepat untuk menghilangkan jerawat batu sehingga tidak datang kembali. Jerawat batu ini sendiri sering kali muncul didaerah pipi, hidung, bahkan di daun telinga. Dan terkadang juga sering muncul jerawat batu pada anak.
cara menghilangkan jerawat batu

Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami

Untuk menghilangkan jerawat batu secara alami, kita bisa mengatasinya dengan tumbuhan disekitar kita. Beberapa tumbuhan obat dipercaya untuk menghilangkan jerawat batu ini dengan cepat bahkan tidak menimbulkan bekas. Kamu bisa menyembuhkan jerawat batu secara alami hanya dalam satu hari.

Berikut ini, tanaman obat yang dapat kamu coba untuk menghilangkan jerawat batu dengan cepat dan aman.

1. Kentang

Siapa sangka kentang dapat menjadi obat untuk menghilangkan jerawat batu secara alami. Kentang yang masuk pada famili Ubi-ubian, mengandung senyawa yang dapat mengecilkan jerawat batu dengan mudah. Cara membuatnya juga tidak susah, seperti :

  1. Kupas tipis kentang tersebut,
  2. Tempelkan pada wajah atau bagian yang terdapat jerawat,
  3. Diamkan selama 10 menit, dan cuci muka sampai bersih.

Lakukan secara rutin pengobatan tersebut. Dan yang paling penting, jangan menyentuh jerawat batu tersebut disaat tangan kamu tidak dalam keadaan bersih.

2. Campuran Kunyit, Madu, dan Jeruk Nipis

Cara kedua untuk menghilangkan jerawat batu adalah dengan mencampur gilingan kunyit, madu, dan perasan jeruk nipis. Ketiga bahan tersebut dipercaya sangat ampuh untuk mengempeskan dan mengobati jerawat batu sehingga tidak kembali lagi.

Kamu cukup mencampurkan ketiga bahan tersebut hingga dapat dijadikan sebagai masker wajah. Selain jerawat batu, ketiga bahan tersebut juga dapat menghaluskan dan membersihkan noda atau bekas jerawat yang pernah ada.

3. Membuat Masker Dari Putih Telur

Selain bergizi untuk dikonsumsi, ternyata putih telur juga mengandung senyawa baik untuk menyehatkan kulit. Putih telur memiliki enzim yang bernama Lusozim yang bermanfaat sebagai zat anti bakteri. Enzim ini bekerja aktif untuk menghancurkan dinding sel bakteri yang menyebabkan jerawat batu.

Kamu bisa menggunakan beberapa putih telur untuk dijadikan sebagai masker disaat malam hari. Selain untuk menghilangkan jerawat, putih telur juga berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati.

4. Lidah Buaya

Tanaman Lidah buaya mengandung antioksidan, mineral, vitamin C dan E. Selain bermanfaat untuk perawatan rambut, ternyata juga bisa untuk menghilangkan jerawat batu dengan cepat.

Kamu hanya perlu mengeluarkan gel yang terdapat pada lidah buaya tersebut untuk mengobati jerawat batu yang kamu alami. Setelah itu haluskan gel tersebut, dan taruhlah dibagian wajah yang terdapat jerawat. Setelah itu diamkan beberapa menit, lalu cuci muka dengan bersih.

5. Kulit Jeruk

Cara menghilangkan jerawat batu di pipi ataupun di bagian lainnya seperti daun telinga akan lebih mudah jika menggunakan kulit jeruk. Kulit jeruk memiliki kandungan alpha hidroksi dan dan vitamin C yang dapat meregenerasi kulit.

Cara membuat obat jerawat batu dari kulit jeruk ini juga sangat mudah. Perhatikan caranya sebagai berikut :
  1. Jemur dulu kulit jeruk sampai benar-benar kering.
  2. Tumbuk haluskan kulit jeruk yang kering tersebut.
  3. Tambahkan air secukupnya, lalu campur sampai berbentuk pasta.
  4. Oleskan pasta tersebut pada area yang mengalami jerawat.
  5. Diamkan beberapa saat sampai mengering.
  6. Cuci muka Anda dengan air hangat.

6. Bawang Putih

Cara terakhir untuk menghilangkan jerawat batu dan bekasnya adalah dengan memanfaatkan bawang putih. Seperti yang kita tahu, bahwa bawang putih memiliki kandungan senyawa antioksidan serta memiliki kandungan senyawa anti bakteri. Senyawa ini berguna untuk membunuh bakteri yang terdapat pada jerawat batu dan mencegahnya datang kembali.

Kamu cukup menumbuk beberapa siung bawah putih hingga halus. Setelah itu letakkan pada permukaan wajah atau bisa juga kamu jadikan sebagai masker. Diamkan sampai 10 menit, dan cuci muka hingga bersih.

Kesimpulan

Jerawat batu memang sangat menganggu penampilan dan juga terasa lebih sakit saat tersentuh. Namun, untuk mencegah jerawat batu datang kembali, jangan terlalu sering menyentuh wajah kamu saat tangan sedang tidak dalam keadaan bersih. Biasakan mencuci muka saat selesai beraktifitas di luar.

Kamu juga bisa menggunakan peralatan pembersih muka yang cocok dengan kulit kamu. Sehingga jerawat batu tidak meninggalkan bekas yang terlalu lama. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, dan bisa terhindar dari masalah jerawat yang sangat resek di muka.
Loading...