U2FsdGVkX195+fHqBq2gMzyB6ntFa3LfAeMQFa4roz8vrtgaRdo8qxJEyipK1KbWdCmooGheXxEzZxCxGBP4Sg==
Bagi yang hobby mendownload film, pasti sudah tidak asing dengan file berekstensi atau berakhiran .001 File, .002 File, dan seterusnya. File ini merupakan hasil split atau pemecahan dengan menggunakan aplikasi HjSplit. Biasanya, file ini sengaja dipecah untuk mengurangi beban upload file yang besar.

Ukuran file yang besar, misalnya berukuran 1 GB, akan memakan waktu lama saat di upload. Bahkan, besar kemungkinan file tersebut gagal di tengah jalan. Bayangkan saja, jika proses Upload yang hampir berhasil (99%), gagal ditengah jalan dikarenakan koneksi buruk. Pasti sungguh mengesalkan bukan? Inilah sebabnya file berukuran jumbo tersebut dipecah menjadi beberapa file dengan berukuran kecil dan menghasilkan ekstensi .001 File.
Baca Juga : Cara Mengubah File JPG, Ms Word, Ms Excel, Menjadi PDF Dengan Nitro PDF Creator
Selain untuk memecah file, aplikasi HjSplit ini juga berfungsi untuk menggabungkan file berekstensi .001 File. Bahkan, semua situs penyedia unduhan film gratis, pasti menyarankan untuk menggunakan aplikasi ini untuk menggabungkan file unduhan yang berakhiran .001 File.
menggabungkan file akhiran .001 File dst menjadi file utuh

Cara Memecah dan Menggabungkan File .001, .002 File, dengan HjSplit

Untuk memecah file atau menggabungkan file menggunakan aplikasi HjSplit, sebaiknya file yang akan diproses di compress terlebih dahulu menggunakan aplikasi Zip atau compressor lainnya. Hal ini untuk menjaga file agar tidak rusak.

Berikut ini, akan dibahas secara jelas, bagaimana cara memperkecil ukuran file dengan memecah file tersebut, dan juga cara menggabungkannya kembali.

Membuat Ukuran File Menjadi Kecil Dengan Memecah File Menggunakan HjSplit

Sebelum memulai cara memecah file atau mengecilkan ukuran file, terlebih dahulu install aplikasi HjSplit di PC atau Laptop kamu. Kamu bisa mendapatkannya melalui tautan berikut ini :
Download : Aplikasi HjSplit
Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan pilih tombol "Split". Pilih file yang akan kamu proses, dan pastikan kembali file tersebut sudah di compress terlebih dahulu.
Baca Juga : WhatsApp Error? Begini Cara Mengatasi Aplikasi WhatsApp (WA) Bermasalah di Android
Proses pemecahan file akan menghabiskan waktu 1 hingga 5 menit, tergantung dari ukuran file yang diproses.
menggabungkan file .001 File dan .002 File  menjadi satu

Menggabungkan File .001 dan .002 File Menjadi Satu File Utuh

Sama dengan cara memecah ukuran menjadi beberapa bagian, untuk menggabungkan file Dengan ekstensi .001 File dan .002 File kamu cukup memilih tombol "Join".

Namun sebelum menggabungkan file tersebut, pastikan file-file yang akan digabungkan berada dalam satu folder. Selain itu, pastikan nomor file tidak ganda dan berurutan. Nama file juga harus sama, agar proses penggabungan file berjalan lancar. Seperti :

Gabungfile.001 File
Gabungfile.002 File
Gabungfile.003 File

Untuk lebih jelasnya, perhatikan video cara menggabungkan file Dengan HjSplit berikut ini :

Jika ada seputar pertanyaan tentang bagaimana cara menggabungkan file dengan ekstensi .001 File ini, silahkan untuk memberikan komentar di kolom yang disediakan. Jangan lupa share yah.
Loading...