U2FsdGVkX195+fHqBq2gMzyB6ntFa3LfAeMQFa4roz8vrtgaRdo8qxJEyipK1KbWdCmooGheXxEzZxCxGBP4Sg==
Template atau yang paling dikenal dengan tema (theme - English) adalah salah satu hal yang wajib diperhitungkan dalam dunia Blogging. Namun apakah kamu tahu apa sebenarnya pengertian tema Blog itu?

Template adalah desain-desain pada  halaman sebuah website ataupun blog  beserta seluruh komponennya baik berupa file statis maupun file dinamis yang berupa program atau aplikasi yang berjalan sebagai aplikasi web (Sumber : belajar-blogdanseo.blogspot.co.id). Ibaratkan sebuah ponsel yang canggih yang dibekali sistem operasi yang bagus. Dengan adanya template atau tema, sebuah website atau Blog dapat bekerja untuk menampilkan konten baik itu artikel ataupun iklan.

Setelah tahu apa itu template atau tema, sekarang bagaimana cara memilih template yang cocok? Satu hal yang perlu kamu tahu dalam memilih template yaitu, tidak semua template yang bagus itu cocok dengan kategori blog. Dan tidak semua yang cocok dengan kategori itu bagus. Perbedaannya terletak pada kebutuhan blog. Poin ini akan saya jelaskan kemudian.

Kembali Ke Topik, salah satu kriteria sebuah blog yang bagus adalah kecepatan loading blog membuka suatu halaman. Semakin cepat waktu yang dibutuhkan untuk membuka tampilan, maka semakin baguslah kualitasnya. Namun, perlu dibedakan antara pengertian Responsive dengan Fast Loading.

Tema Responsif adalah tema yang jika dibuka melalui beberapa gadget seperti Laptop, Ponsel, ataupun Tablet, akan menampilkan tampilan yang sesuai. Tetapi tema responsive tidak sama dengan tema yang laodingnya cepat. Karena tema responsive belum tentu cepat loadingnya.

Pentingnya Template Dengan Loading Cepat

Nah, bagi Blogger Pemula seperti kita-kita ini, pastinya akan kebingungan untuk memilih sebuah tema atau template. Dan hampir merata semua pemula cenderung memilih Blog yang keliatan keren saja tanpa memikirkan kecepatan loadingnya. Padahal, para Blogger Pro tidak menjadikan tampilan sebagai hal yang paling utama.

Saat ini, Google telah menjelaskan bahwa Website yang tidak memiliki kecepatan loading, tidak akan muncul pada pencarian pertama alias Page One. Kecuali isi kontennya bagus banget yah.

Terdapat dua jenis kemampuan loading blog yang perlu diperhatikan. Yang pertama cepat dibuka melalui smartphone alias HP, dan cepat dibuka melalui Desktop seperti Laptop. Dan Google cenderung menyukai Blog yang cepat terbuka pada versi Mobile. Hal ini disebabkan hampir 70% lebih users menggunakan ponselnya untuk mendapatkan informasi.

Bahkan para master blogger juga menyebutkan, kecepatan loading blog juga menjadi tolak ukur diterimanya blog saat daftar Google Adsense. Jadi bagi kamu yang lama diterima Adsense, sebaiknya kamu cek kembali bagaimana kecepatan loading blog yang kamu kelola.

Bagaimana Cara Mengecek Kecepatan Loading Blog

Walau banyak situs online yang menyediakan layanan pengecekan loading blog, tapi yang paling sering digunakan adalah Page Speed Insight dari Google dan GTMetrix. Kedua situs ini dipercaya dapat mengidentifikasi seberapa cepat loading blog kamu.

Bahkan, bagi yang paham edit mengedit template, situs ini dapat menyarankan perbaikan apa yang harus kamu lakukan terhadap template yang kamu pakai.

Jadi, untuk blogger pemula, template apa yang cocok?

Saya merekomendasikan template yang didukung oleh Google, yaitu AMP (Accelerated Mobile Pages) atau Laman Seluler Dipercepat. Template ini memang terbilang sangat canggih. Bahkan hampir semua postingan teratas yang ditelusuri lewat HP, website yang menggunakan template AMP akan selalu menduduki posisi pertama.

Jika kamu mencari kata kunci "HelloTrendi" melalui ponsel kamu, maka akan ada sebuah blog dengan logo petir. Itulah ciri-ciri Blog dengan tema AMP yang paling mudah dikenali.

tema blog paling cepat

Template ini memang yang paling direkomendasikan oleh Google, bahkan pada settingan Webmaster Google saja, terdapat tab khusus untuk template berjenis AMP. Namun, pada kenyataannya tidak banyak Blogger yang berani menggunakan template jenis AMP ini.

Kenapa?

Karena penggunaan template AMP memerlukan teknik khsusus yang dibilang cukup rumit bagi yang baru mau memulai. Setelan Template AMP sangat jauh berbeda dengan template responsive biasa. Dari penggunaan script iklan ataupun gambar.

Selain AMP, Template Fast Loading dan Responsive Lainnya Apa Saja?




Loading...