U2FsdGVkX195+fHqBq2gMzyB6ntFa3LfAeMQFa4roz8vrtgaRdo8qxJEyipK1KbWdCmooGheXxEzZxCxGBP4Sg==
Bulan puasa memang menjadi bulan yang penuh berkah bagi banyak orang yang tahu cara mencari peluang usaha. Bagi pelaku usaha rumahan, bulan ramadhan menjadi sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan. Namun bagi kamu yang belum memiliki usaha, inilah saat yang paling tepat untuk memulai usaha rumahan, karena di bulan puasa ini hampir semua usaha mendapatkan keuntungan.

Menemukan peluang usaha di saat bulan puasa adalah sebuah hal yang tidak terlalu sulit. Hanya saja, kita perlu melakukan inovasi agar dapat sukses menjalankan usaha ini. Ditambah lagi, bagi kamu yang menjalani puasa, usaha rumahan merupakan jenis usaha yang paling cocok untuk dilakukan. Apalagi jika menggunakan modal kecil, dengan untung besar. Karena kamu hanya menjalankan bisnis di rumah, tanpa harus banyak beraktivitas di luar.

Peluang Usaha Rumahan di Bulan Puasa

peluang usaha paling menguntungkan
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, usaha rumahan harus mampu memberikan inovasi. Dengan inovasi ini, usaha rumahan yang kamu jalankan di bulan puasa ini akan dapat bertahan lama dimasa depan. Bahkan, hingga habis masa puasa tahun ini. Walau banyak jenis usaha yang bisa kamu kerjakan di bulan puasa ini, tentu saja tidak akan maksimal jika hanya melakukan model usaha yang biasa saja. Nah, berikut ini peluang usaha rumahan di Bulan puasa yang bisa kamu kerjakan beserta langkah apa yang kamu lakukan agar mendapatkan keuntungan.

1. Usaha Makanan dan Minuman Ringan

Pastinya usaha makanan ringan masih menjadi primadona untuk memperbesar kesuksesan peluang usaha yang akan kita ambil. Usaha makanan ringan atau kuliner merupakan salah satu jenis usaha rumahan yang paling cocok dilakukan oleh ibu rumah tangga. Semua bisa dilakukan di rumah.

Berdasarkan data yang diambil dari Badan Pusat Statistik dan juga dari situs presidenri.go.id yang berjudul "Potensi Besar UKM Industri Makanan-Minuman", ada terdapat 56 juta usaha kecil di Indonesia, dan 70% dari usaha tersebut adalah usaha pangan seperti makanan dan minuman. Tingginya minat pelaku usaha kecil di industri makanan ini menunjukkan betapa besar keuntungan yang dapat kita raih. Ditambah lagi dengan program pemerintah yang memberikan kredit tanpa agunan kepada pelaku UKM. Dan bulan puasa adalah momen yang tepat untuk menjalankan usaha rumahan makanan ringan ini.

Namun bagaimana agar usaha makanan ringan ini dapat menjadi usaha rumahan yang menguntungkan bahkan bisa berlanjut dimasa yang akan datang? Dalam teori pemasaran, terdapat beberapa faktor yang mendukung penjualan produk. Beberapa diantaranya kualitas, kemasan, promosi, dan harga.

Cara Sukses Memaksimalkan Untung Peluang Usaha Makanan dan Minuman

Kualitas adalah hal yang pertama yang perlu kamu kuasai. Berbeda dengan usaha yang sudah sukses, mereka "Menjaga Kualitas". Sedangkan untuk yang baru memulai usaha, yang perlu dilakukan adalah "Membuktikan Kualitas". Membuktikan bahwa makanan dan minuman ringan kamu berkualitas memang cukup sulit, karena belum ada yang bisa kamu buktikan. Namun, jika kamu mengkombinasikan kualitas dengan promosi, kemasan yang bagus, dan harga yang transparan, maka hal ini bisa kamu lakukan.

Saat ini banyak pelaku usaha rumahan menggunakan momen bulan ramadhan ini dengan membagikan takjil secara gratis. Gunakan cara ini untuk mempromosikan produk kamu dengan memberikan takjil kepada orang-orang sekitar. Gunakan kemasan yang bagus dan menarik. Tuliskanlah bahan-bahan apa saja yang kamu gunakan didalam kemasan. Agar yang mengkonsumsi percaya bahwa makanan dan minuman yang kamu tawarkan higienis dan halal. Dan jangan lupa untuk menyertai beberapa hal penting berikut ini :

  1. Channel YouTube kamu yang berisi bagaimana cara kamu membuat makanan dan minuman tersebut. Di video ini, kamu bisa membuat konsumen percaya bahwa makanan kamu memang berkualitas.
  2. Lokasi atau alamat usaha kamu. Dengan ini konsumen tahu untuk mencari dimana untuk membeli produk kamu.
  3. No kontak kamu seperti E-Mail, Website, dan No HP. Dengan ini, peluang kamu mendapatkan konsumen akan lebih besar.

2. Usaha Bingkisan Parcel

Momen bulan puasa akan identik dengan parcel. Kamu bisa mencoba jenis usaha ini karena memang keuntungan yang didapat lumayan besar. Dari beberapa toko yang saya kunjungi, keuntungan yang didapat dari satu buah parcel bisa mencapai 30 ribu s/d 50 ribu per parcelnya.

Jenis usaha rumahan ini akan sangat marak di bulan ramadhan karena beberapa perusahaan hingga usaha kecil sering kali membeli parcel untuk rekan kerjanya. Namun, bagaimana kamu bisa bersaing dengan ketatnya persaingan ini?

Silahkan kamu cek, apakah ada pelaku usaha yang menggunakan media sosial untuk mempromosikan parcelnya? Jika ada, apakah promosi yang mereka lakukan menarik hati untuk dibeli? Karena kebanyakan, pelaku usaha rumahan tidak memaksimalkan menggunakan media sosial untuk mempromosikan usahanya.

Cara Menjalankan Usaha Parcel di Rumah

Cara yang paling tepat untuk sukses dalam jenis usaha rumahan makanan dan minuman adalah dengan memanfaatkan dunia digital seperti internet. Sekarang bagaimana jika kamu menerapkan hal berikut ini :

  1. Mengupload video jenis parcel yang kamu jual,
  2. Mengupload jenis-jenis item yang ada didalam parcel kamu,
  3. Mengupload gambar yang sudah diedit sedemikian mungkin agar menarik untuk dilihat,
  4. Membuat narasi yang berisi "kenapa mereka harus membeli parcel dari kamu?"
  5. Membuat fanpage Facebook dan mengupload semua hal tadi di sana.

Sekarang bayangkan apa yang terjadi dengan usaha parcel kamu? Tentu saja kamu akan mendapatkan banyak orderan. Karena pada dasarnya konsumen butuh kejelasan atas apa yang mereka beli. Informasi akan produk yang dijual menjadi penentu sukses tidaknya usaha rumahan kamu di bulan ramadhan ini. Kamu bisa melakukan semua ini dirumah dan tentunya sangat menguntungkan.

3. Usaha Kedai Makanan Versi Rumah Singgah

Peluang usaha yang paling menguntungkan di bulan puasa yang terakhir adalah membuat usaha kedai makanan. Namun dengan versi yang berbeda. Konsep bisnis menjadi sangat penting jika ingin bertahan dalam jangka panjang. Berbeda dengan kedai makanan pada umumnya, kedai makanan yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan konsep rumah singgah.

Orang-orang yang berpergian mudik atau hanya sedang berjalan-jalan, akan tergoda dengan konsep bisnis ini. Istilah kerennya " Fells like home" atau merasa makan di rumah. Buat kedai makanan sebagus mungkin, tetapi tidak mewah. Kamu bisa menggunakan saung-saung bertemakan keluarga, friendship, dan lain-lain sesuai target yang akan kamu raih.

Seperti biasanya, maksimalkan media sosial dan video sharing seperti YouTube. Hampir semua bisnis yang berhasil selalu memanfaatkan media sosial ini. Maksimalkan penjualan kamu melalui YouTube dan medsos lainnya. Jangan ragu untuk mengajak tetangga, teman dan lain sebagainya agar usaha kamu di bulan ramadahan ini menjadi momentum untuk memulai bisnis yang lebih profesional.

Sampai kapan kita hanya berbisnis atau memiliki usaha yang sifatnya musiman seperti pasar kaget? Yuk, berusaha, dan manfaatkan semua fasilitas yang ada dan rasakan keuntungannya.

Tag : Peluang Usaha, Bulan Puasa, Cara Menjalankan Usaha Rumahan, 
Loading...