U2FsdGVkX195+fHqBq2gMzyB6ntFa3LfAeMQFa4roz8vrtgaRdo8qxJEyipK1KbWdCmooGheXxEzZxCxGBP4Sg==
Banyak cara menghasilkan uang dari membuat blog. Namun tidak semua cara dapat menghasilkan uang dari membuat blog. Dua hal yang berlawanan ini, menjadi penentu sukses atau tidak blog yang kamu buat saat ini. Sebuah blog yang sukses, pastinya memiliki kemampuan untuk bersaing dan menjadi lumbung penghasilan bagi para blogger. Jika tidak, saatnya kamu memperbaiki atau mengulang kembali bagaimana cara membuat sebuah blog yang benar.

Untuk menghasilkan uang dari sebuah blog, yang diperlukan adalah konsistensi dan fokus pada target. Ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk menjadikan blog sebagai sumber penghasilan. Namun, tidak semuanya efektif dan bahkan malah membuat kita frustasi. Berikut ini, Tim TrenDi Info telah mengumpulkan berbagai pilihan bagi kamu untuk menjadi blogger yang mampu berpenghasilan. Dan pilihan ini adalah cara yang paling memiliki kemungkinan besar untuk berpenghasilan sebagai seorang yang berprofesi sebagai blogger.
menghasilkan uang dari blog

Cara Menghasilkan Uang Dari Membuat Blog

Sebelum masuk ke cara yang pertama, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa keharusan menjadi seorang blogger. Karena jika tidak, cara apapun yang akan kamu ambil, tidak akan menghasilkan apapun. Beberapa Blogger pemula sering putus asa menjadi seorang blogger, karena memang banyak melakukan kesalahan yang seharusnya tidak terjadi pada blogger pemula jika mengetahui bagaimana cara membangun sebuah blog.

1. Mampu Menulis Konten Yang Berkualitas

Kekuatan seorang blogger terletak kepada kemampuan mengasah kata-kata yang enak dibaca dan pastinya memiliki manfaat bagi pembaca. Membuat konten berkualitas bukan berarti kita harus menyadur atau menulis ulang artikel secara keseluruhan buku materi perkuliahan atau jurnal. Melainkan memberikan informasi tentang bagaimana memanfaatkan informasi yang kita dapat dari bahan bacaan yang ada.

Kita dapat mengambil contoh sebagai berikut :
Ketika kamu membaca sebuah buku ataupun jurnal, kamu menemukan sebuah informasi yang bermanfaat. Informasi tersebut masih berupa teori mentah yang belum jelas dapat diterapkan pada apapun. Untuk itu, sebagai seorang penulis, kita diwajibkan menjadikan informasi yang kita dapatkan tersebut sebagai bahan acuan pembaca untuk melakukan sesuatu.

Sebagai contoh : Kamu memahami bagaimana proses distribusi logistik yang dilakukan oleh pihak ekspedisi. Sekarang, informasi yang kamu dapatkan tersebut, kamu gunakan pada kegiatan lain yang kira-kira dapat digunakan oleh orang banyak. Seperti, bagaimana cara seorang reseller menghemat biaya pengiriman dengan metode distribusi yang kamu pahami tersebut.

Konten inilah yang disebut dengan konten yang berkualitas. Ada hal baru yang kamu tawarkan kepada pembaca, dan membuat mereka berfikir bahwa yang kamu utarakan dalam blog kamu adalah sesuatu yang masuk akal. Menghasilkan uang dengan membuat blog, berarti menjadikan blog kita sebagai "Toko" yang dikenal dengan "Toko yang menyediakan barang baru dan penuh inspirasi".

2. Sering Membaca dan Mencari Informasi Baru

Poin kedua ini sering kali terlewatkan oleh banyak Blogger Indonesia. Budaya malas membaca dan mencari informasi menjadi penghambat kita untuk menghasilkan uang dari membuat blog. Menulis tidak akan lepas dari membaca dan menemukan informasi. Untuk itu, sebelum membuat sebuah konten yang berkualitas, kita memang harus sering membaca dan menggali informasi.

Informasi bisa kamu temukan dimana saja, seperti bergabung pada komunitas, membuat grup, atau rutin menggali informasi di Google. Kamu bisa menggunakan situs-situs resmi seperti situs pemerintah untuk mendapatkan data yang valid dan bisa dipertanggung jawabkan. Saat ini, pengunjung sebuah blog lebih cerdas menilai sebuah blog yang berkualitas. Untuk itu, gunakan semua data yang akurat untuk meningkatkan kepercayaan pembaca.

3. Try and Error

Langkah terakhir adalah tidak lelah untuk mencoba dan belajar. Istilahnya adalah Try and Error. Gagal dalam menjalankan sebuah bisnis internet marketing seperti membangun sebuah blog adalah biasa. Karena jika kita tidak mau berkesperimen, maka kita tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Ok. Sekarang kita masuk ke dalam cara menghasilkan uang dari membuat blog.

Cara Menjadikan Blog Sebagai Sumber Penghasilan

1. Menjadi Seorang Publisher Iklan/ Adsense

Cara pertama untuk menghasilkan uang dari membuat blog adalah dengan menjadi publisher yang menggunakan iklan sebagai medianya. Iklan atau selanjutnya disebut dengan adsense, adalah cara yang paling banyak dilakukan dan paling terbukti menghasilkan uang. Dari sekian banyak layanan adsense di seluruh dunia, menjadi publisher Google Adsense adalah yang paling disarankan.

Sistem pembayaran dari Google Adsense adalah dengan membayar setiap klik yang kita dapatkan dari iklan yang tayang pada blog kita. Blog inipun menggunakan Adsense sebagai sumber penghasilan Jumlah klik yang didapatkan akan diakumulasikan dan akan dibayarkan setiap bulannya setelah mencapai ambang batas pembayaran atau sekitar Rp. 1.200.000,-.

Untuk menjadi seorang publisher adsense sebenarnya tidak sulit. Saya sudah membahasnya pada artikel berikut ini :
 Namun untuk menghasilkan uang dari membuat blog dengan Google Adsense, kita diwajibkan untuk rutin mengupdate artikel yang berkualitas secara rutin. Banyak blogger berguguran dan menyerah karena tidak sabar akan proses ini.

2. Menjual Hasil Karya Tulisan/ Artikel

Menjual artikel sudah sangat lumrah dikalangan para Blogger. Karena beberapa blogger tidak terlalu banyak memiliki waktu untuk membuat sebuah konten yang baik. Ini adalah sebuah peluang bisnis yang sangat baik untuk mencoba. Dengan membuat sebuah blog yang berisi konten yang berkualitas, maka kita akan dengan mudah mendapatkan calon pembeli.

Setiap pembeli artikel akan meminta contoh artikel yang sudah kita buat. Untuk itu, dengan membuat blog tersebut, kamu dapat dengan mudah menunjukkan hasil karya kamu hanya dengan memberikan URL kamu kepada pembeli. Cara yang amat sederhana namun terbukti menghasilkan uang. Terlebih jika kamu mengenal bagaimana membuat sebuah artikel berkualitas SEO. Penjelasan artikel SEO dapat kamu baca di bawah ini :
Ciri-ciri Artikel SEO Yang Berkualitas Tinggi
Biasanya, sebuah artikel yang bagus akan menggunakan tata bahasa yang baik dan terarah. Dan juga tidak lepas dari kaidah SEO. Jika kamu menguasi dua hal ini, kamu bisa menghasilkan uang dari membuat blog dengan mudah. Sebuah artikel yang mengandung dua elemen diatas dapat dihargai dari Rp. 15.000/ artikel dengan jumlah kata 500 kata saja.

3. Mengikuti Program Afiliasi dan Referral

Jika kamu pernah berbelanja di Lazada atau Blibli, maka ini adalah kesempatan besar untuk menghasilkan uang dari membuat blog. Karena dua perusahaan besar tersebut memiliki program Afiliasi yang sangat menggiurkan. Afiliasi adalah kerjasama yang dibangun oleh Blogger pada perusahaan yang tidak terikat, dan sebatas hanya sebagai pengiklan dari sebuah produk. Ketika ada seorang yang berbelanja produk yang kamu iklankan di blog kamu, maka otomatis kamu akan mendapatkan Fee dari hasil bagi keuntungan.

Berbeda dengan refferal. Referal adalah sebuah program yang memberikan hadiah berupa uang kepada pemilik blog yang dimana jika ada seseorang mendaftar program tersebut melalui link yang kamu tuliskan. 

Sebagai contoh, saat ini Bitcoin adalah sebuah mata uang yang paling terkenal di dunia digital. Dan situs Bitcoin Indonesia, adalah satu-satunya tempat dimana orang-orang berdagang mata uang tersebut. Ketika kamu mendaftarkan diri di situs tersebut, kamu akan mendapatkan link referal. Ketika seseorang mendaftarkan diri melalui link referal kamu, maka kamu akan mendapatkan uang senilai Jumlah transaksi yang dia buat. Misalnya : orang tersebut membeli Bitcoin senilai 80 Juta rupiah, maka secara otomatis, kamu akan mendapatkan 5%  hingga 10% dari transaksi tersebut.

4. Jasa Pembuatan Blog/ Website

Ketika kamu sudah mulai memahami bagaimana membuat sebuah blog, maka kamu bisa menawarkan jasa kamu ke pasar. Banyak sekali orang-orang yang masih awam dalam membuat blog yang benar. Untuk itu, inilah kesempatan besar yang bisa kamu ambil.

Tidak perlu makan waktu lama untuk mempelajari bagaimana Blog itu berfungsi. Saya hanya membutuhkan 6 bulan untuk belajar bagaimana membuat blog menggunakan blogspot ataupun WordPress secara optimal. Intinya adalah, 3 poin yang saya sebutkan diatas. Untuk menyeting sebuah blog sederhana saja, orang rela membayar hingga 200 s/d 400 rb rupiah. Sungguh cara menghasilkan uang dari membuat blog yang jitu, bukan?!

5. Program Review Produk

Dan cara terakhir untuk menghasilkan uang dari membuat sebuah blog adalah dengan mereview produk yang dipesan oleh klien. Ini adalah cara yang paling elegan dalam menjadi seorang blogger. Kita akan diminta oleh sebuah perusahaan untuk memberikan review positif tentang produk yang mereka sedang jual. Satu artikel review produk, bisa dihargai dari 300 s/d 600 rupiah. Namun, semua itu tergantung dari bagaimana cara penulisan dan seberapa lama umur blog yang sedang kamu kelola.

Mungkin itu saja yang bisa kami paparkan kepada para pembaca sekalian. Sebagai pemula, yang perlu diingat adalah, diperlukan usaha dan kerja keras untuk menghasilkan uang dari membuat blog. Namun, dari kelima cara tersebut, semua sudah terbukti menghasilkan dan pastinya bisa dilakukan secara sekaligus. Semoga kita menjadi seorang Blogger kreatif, dengan konten berkualitas, tanpa adanya Copy Paste artikel orang lain. Semangat, dan maju terus Blogger Indonesia.

CEO TrenDi Info - Etro Jaya Sinaga, S.E
Loading...