Manfaat Buku Transaksi Keuangan Dalam Usaha Kecil Yang Baru Merintis


Dalam mengembangkan usaha kecil yang baru merintis, buku transaksi keuangan memang sangat memiliki banyak manfaat. Beberapa usaha kecil yang dianggap menjanjikan sekalipun, akan gagal jika tidak mampu melakukan pencatatan transaksi dengan rutin.

Banyak pengusaha kecil yang baru memulai usahanya, sering kali menganggap sepele pentingnya buku transaksi keuangan ini. Padahal dengan mencatat transaksi keuangan ini, sebuah usaha kecil akan semakin maju dan bertahan dalam sengitnya kompetisi unit usaha kecil dan menengah.
manfaat buku transaksi keuangan dalam usaha kecil baru

Apa Itu Buku Transaksi Keuangan?

Seperti yang kita tahu, bahwa buku memiliki fungsi dasar sebagai media untuk mencatat. Sedangkan transaksi adalah alur dana yang masuk ataupun keluar, serta terendap dalam kas yang dihitung. Jadi pengertian buku transaksi keuangan adalah pencatatan alur dana yang masuk dan keluar serta jumlah dana tersimpan didalam kas, yang terdiri dari debit dan kredit. Debit dan kredit dalam kas dapat berupa stok barang, dana liqiud (mudah digunakan kembali), dan lain sebagainya.

Untuk usaha kecil yang baru merintis, bisa dapat menggunakan buku transaksi keuangan dengan format sederhana sebagai berikut:

  1. Tanggal Transaksi
  2. Saldo Awal
  3. Saldo Akhir
  4. Margin/ Keuntungan
  5. Pembelian Barang/ Barang Masuk
  6. Penjualan Barang/ Barang Keluar
  7. Barang Rusak
  8. Jumlah Total Asset
  9. Jumlah Total Belanja/ Pengeluaran dan jumlah Keuntungan

Buku transaksi juga harus dilengkapi dengan beberapa item sebagai berikut :

  1. Nota Belanja
  2. Nota Peminjaman Barang/ Hutang, baik hutang konsumen ataupun hutang pengusaha
  3. Nota Pembayaran Gaji, Pembayaran Listrik, Sewa Ruko dan lain sebagainya

Untuk menjadikan buku transaksi keuangan dalam usaha kecil semakin baik, perlu dilakukan pengindeksan/ penomoran di dalam Nota/ Kwitansi. Nomor Nota ini disesuaikan dengan data transaksi tertulis dalam buku keuangan.

Manfaat Buku Transaksi Keuangan Bagi Usaha Kecil

Sebagai pengusaha, kita sangat diwajibkan untuk berprilaku profesional. Walau hanya sebagai pengusaha kecil, bukan berarti kita tidak perlu berprilaku layaknya pemilik usaha besar yang sukses. Begitu banyak manfaat dari membuat buku transaksi keuangan bagi usaha kecil ini. Namun, dari beberapa manfaat yang ada, berikut ini, manfaat yang paling penting bagi kemajuan usaha kecil yang sedang kamu jalankan.

1. Sebagai Indikator Sukses atau Tidaknya Usaha Kecil Tersebut

Bagaimana kamu mengetahui bahwa usaha kecil yang kamu kerjakan sukses atau tidak? Beberapa pengusaha kecil yang saya temui, menyebutkan bahwa jumlah aset yang ada sekarang menjadi indikator bahwa usaha kecil yang dijalankan mendapatkan keuntungan. Memang tidak salah, namun indikator ini bisa saja tidak tepat.

Jika jumlah aset dijadikan sebagai patokan sukses atau tidaknya usaha kecil tersebut, maka kita tidak mengetahui secara pasti keuntungan Rupiah yang kita dapat. Bisa saja, jumlah aset yang bertambah bukannya menjadi keuntungan. Karena terdapat kerugian di beberapa jenis produk lainnya. Untuk mempermudah, kita simak analogi berikut :

Kamu sedang menjalankan usaha kecil menjual asesoris smartphone. Kamu memiliki sebanyak 10 Jenis asesoris yang siap dijual. Namun, dari 10 jenis itu, hanya 3 produk saja yang memiliki jumlah penjualan yang besar. Dan 6 produk lainnya, hanya laku beberapa buah saja tiap bulannya. Namun, karena kita tidak mengitung secara tepat jumlah stok yang ada, besar kemungkinan bahwa kamu akan tetap membeli 6 produk yang tidak memiliki potensi pembeli dan juga masih menumpuk digudang.

Sekarang, pada kondisi tersebut, apakah usaha kecil yang kamu jalankan tersebut menguntungkan? Ternyata ada aset terpendam yang sebenarnya menjadikan usaha kamu semakin kekurangan modal. Dengan adanya buku transaksi ini, kamu bisa memilih produk apa yang memiliki potensi pasar yang besar.

Selain itu, dengan bantuan buku transaksi keuangan ini, kamu bisa melihat dengan jelas, seberapa besar keutungan yang kamu dapat dalam satu bulan. Dan mana saja barang yang layak kamu jual dengan metode diskon agar modal tidak terlalu lama terpendam.
Baca Juga : Peluang Usaha Rumahan Paling Menguntungkan di Bulan Ramadhan

2. Bermanfaat Untuk Menjaga Stok Barang

Dalam menjalankan usaha kecil dengan modal kecil, stok barang memiliki peranan penting untuk kelangsungan bisnis. Stok barang yang mencukupi setiap harinya, akan membantu usaha tersebut untuk menjaga konsumen untuk tidak berpindah ke usaha orang lain.

Dengan adanya pencatatan buku transaksi stok barang, kita bisa meihat dengan jelas kebutuhan harian barang yang wajib kita miliki. Selain itu, pencatatan stok dalam buku transaksi keuangan, akan menjaga stok barang dari kehilangan. Beberapa usaha kecil sering kali bangkrut karena barang yang dijual hilang. Mereka baru sadar kehilangan stok barang, ketika menghitung keuntungan diakhir bulan.

3. Sebagai Panduan Belanja Barang

Apakah kamu mengingat harga modal barang yang kamu beli? Bisa iya, dan bisa saja tidak. Jika barang yang kamu jual hanya satu jenis, kemungkinan besar kamu akan mengingat modal harga yang kamu beli sebelumnya. Bagaimana jika, kamu memiliki berpuluh jenis barang? Tentunya akan sangat repot mengetahui harga barang yang baru dengan yang lama.

Dengan mengumpulkan nota belanja, kamu bisa melihat harga barang sebelumnya. Hal ini dapat menjadi pembanding harga jika kamu membeli barang kembali. Ketika harga naik, maka kamu bisa menaikkan harga sesuai dengan harga beli saat ini.

Dengan menyimpan bukti transaksi didalam buku keuangan, kamu juga akan terhindar dari penipuan oknum sales. Kamu bisa membuka kembali harga-harga sebagai pembanding ketika sales menjual barang terlalu tinggi. Nota pembelanjaan ini dapat kamu klaim kepada perusahaannya kita kamu mendapati oknum sales ini menaikkan harga.

4. Sebagai Alat Dukung Meminjam Uang di Bank

Manfaat terakhir dari buku transaksi keuangan bagi usaha kecil adalah untuk meminjam uang di bank. Hal ini adalah manfaat paling utama dari membuat buku transaksi keuangan dengan jelas. Saat ini, pihak bank hanya memberikan pinjaman dana kepada pengusaha kecil yang memiliki transaksi keuangan yang jelas. Pihak bank memerlukan data yang rinci terkait potensi penghasilan usaha kecil yang dikelola.

Dengan mengumpulkan data transaksi dengan rinci, kamu akan lebih mudah meminjam uang di bank. Bayangkan saja jika usaha kecil kamu sedang maju, dan tiba-tiba membutuhkan dana segar untuk memperbesar usaha? Dengan adanya pencatatan buku transaksi, akan sangat mudah bagi kamu untuk mendapatkan bantuan. Untuk meminjam uang di bank tanpa agunan, kamu bisa membaca ulasannya di bawah ini :
Mau Minjam Uang Tanpa Jaminan? Coba Kredit Tanpa Agunan Di Bank Ini
Sebagai pemilik usaha kecil yang baru merintis, akan sangat baik jika kamu sudah mulai mengumpulkan setiap transaksi dalam buku transaksi keuangan. Semakin rinci data yang kamu tulis, maka akan semakin berkembanglah usaha yang kamu rintis saat ini. Semoga bermanfaat, dan semoga menjadi pengusaha kecil yang sukses.

0 Response to "Manfaat Buku Transaksi Keuangan Dalam Usaha Kecil Yang Baru Merintis"

Post a Comment

Pesan Anda Sedang Di Moderasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...