Cara Menabung Emas di Pegadaian, Apa Saja Syaratnya?

▼▼Dapatkan Voucher Hingga 100.000 Di Sini▼▼
Bagaimana cara menabung emas di Pegadaian dan apa saja syarat yang harus dilengkapi untuk membuka tabungan emas di Pegadaian? Pertanyaan ini pernah ditanyakan oleh beberapa pengunjung TrenDi Info setelah membaca artikel tentang "Cara Investasi Emas di Pegadaian". Pertanyaan ini muncul mungkin dikarenakan begitu banyak manfaat menabung emas di pegadaian yang bisa didapatkan. Tetapi informasi tentang cara dan syarat membuka tabungan emas di Pegadaian mungkin masih minim ditemukan.
cara menabung emas di pegadaian

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Bagi sebagian orang, investasi emas menjadi salah satu jenis investasi yang paling dianggap paling aman. Karena dengan berinvestasi emas, nilai aset yang dimiliki tidak akan menurun. Harga emas yang semakin hari semakin naik sesuai dengan pertumbuhan ekonomi global, menjadikan investasi emas berada pada posisi paling atas dalam jenis investasi yang sering ditekuni masyarakat.

Banyak cara yang bisa dilakukan masyarakat untuk berinvestasi logam mulia ini. Salah satu caranya adalah dengan menabung emas di Pegadaian. Menabung emas di Pegadaian saat ini menjadi alternatif bagi kita yang tidak mampu membeli emas. Dengan membuka tabungan emas di pegadaian, kita bisa mendapatkan emas yang kita inginkan.

Namun, perlu diingat bahwa, menabung emas dengan cara membuka tabungan emas di Pegadaian, memiliki pengertian berbeda dengan mencicil emas. Simak perbedaan mencicil dan menabung emas di artikel berikut ini :
Cara Investasi Emas di Pegadaian Untuk Pemula 
Mencicil emas di Pegadaian dilakukan dengan cara menentukan berapa gram emas yang akan kita beli, dan berapa lama jangka waktu cicilan yang akan kita ambil. Untuk lebih jelasnya, berikut simulasi menabung emas di pegadaian dengan membuat tabungan.

Simulasi Tabungan Emas Pegadaian

Tabungan emas Pegadaian memiliki sistem "Harga Emas Saat Ini". Maksudnya adalah kamu membeli emas dengan harga saat kamu menabung. Kamu bisa menabungkan uang dan akan dikonversikan ke emas dengan harga pada saat itu juga. Sistem ini sama dengan kamu menabung uang di bank pada umumnya, hanya saja untuk menabung di pegadaian, uang yang kamu tabung akan dijadikan emas. Untuk mempermudah, perhatikan ilustrasi/ simulasi menabung emas di pegadaian di bawah ini :

Baca Juga : Mau Minjam Uang Tanpa Jaminan? Coba Kredit Tanpa Agunan di Bank Ini

Pada tanggal 18 Mei 2018, kamu membuka tabungan emas di Pegadaian. Pada saat membuka tabungan emas tersebut, kamu menyetorkan uang untuk ditabung sebesar Rp. 500.000,-. Pada tanggal itu juga, harga emas berkisar di harga Rp. 500.000,- setiap gramnya. Sehingga kamu secara otomatis memiliki tabungan emas sebanyak 1 gram. Pada tanggal 20 Mei 2018, kamu menabungkan kembali uang di tabungan sebesar Rp. 250.000. Pada tanggal tersebut, harga emas mengalami kenaikan hingga Rp. 600.000,- per gramnya. Sehingga kamu hanya mendapatkan emas kurang dari 1/2 gramnya saja. Tetapi pada saat itu juga (tanggal 20 Mei 2018), kamu sudah memiliki tabungan emas dengan harga Rp. 600.000,- karena kamu sudah memiliki emas pada tanggal 18 Mei 2018.

Kesimpulannya, ketika kamu menabung emas, harga emas yang digunakan adalah harga emas saat itu juga. Dan ketika kamu ingin menarik uang dari tabungan emas tersebut, nilai uang yang kamu dapatkan sesuai dengan harga emas saat kamu ingin melakukan penarikan. Mudah bukan?

Syarat Membuka Tabungan Emas di Pegadaian

Cara menabung emas di pegadaian sangatlah mudah, kamu hanya perlu melengkapi beberapa syarat. Untuk mulai membuka tabungan emas, persiapkan terlebih dahulu berkas administrasi dibawah ini, agar proses pembukaan tabungan lebih cepat :
  1. Untuk dapat membuka tabungan baru di Pegadaian, kamu wajib mengunjungi Kantor Cabang Pegadaian dengan membawa Fotocopy Identitas Diri seperti KTP, SIM, ataupun paspor yang masih berlaku.
  2. Kamu akan diminta untuk mengisi formulir pembukaan rekening baru dan kamu wajib membayar biaya administrasi sebanyak Rp. 5.000,- dan juga Rp. 30.000,- sebagai biaya fasilitas titipan selama 12 bulan.
  3. Untuk setoran awal, kamu hanya perlu menyetor rupiah senilai harga 0,01 gram saat kamu membuka tabungan. Misalnya hari ini harga emas untuk 0,01 gram sebesar 5.120, makaminimal setoran awal kamu adalah Rp. 5.120,-.
  4. Apabila membutuhkan dana tunai, saldo titipan emas kamu dapat dijual kembali (buyback) ke Pegadaian dengan minimal penjualan 1 gram dan Anda dapat menerima uang tunai sebesar harga emas saat itu.
  5. Jika kamu ingin mendapatkan fisik emas batangan/ kepingan, kamu perlu melakukan permintaan kepada pihak pegadaian. Kamu bisa mengorder emas batangan/ kepingan dengan pecahan 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr dengan membayar biaya cetak.
  6. Minimal saldo rekening adalah 0.1 gram
  7. Transaksi penjualan emas kepada Pegadaian dan pencetakan emas batangan, saat ini hanya dapat dilayani di Kantor Cabang tempat pembukaan rekening dengan menunjukkan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.

Manfaat Membuka Tabungan Emas di Pegadaian

Setelah kamu tahu bagaimana cara menabung emas di pegadaian dan syarat apa saja yang diperlukan untuk membuka tabungan emas, kamu juga perlu tahu apa manfaat membuka tabungan emas di pegadaian. Pegadaian adalah lembaga resmi serta perusahaan yang memiliki kredibilitas baik itu dalam hal transaksi maupun investasi emas. Sehingga kamu tidak perlu takut untuk menyimpan, ataupun membeli emas di sana.

Seperti yang kita ketahui, bahwa banyak jasa investasi emas yang tidak resmi dan merugikan para nasabahnya. Ditambah lagi kasus-kasus arisan emas bodong yang membawa kabur uang anggota arisannya. Berikut manfaat membuka tabungan emas di pegadaian :
  1. Pegadaian hanya menjual emas yang bersertifikat resmi yang dikeluarkan oleh PT. Antam. Sehingga keaslian emas akan terjamin.
  2. Pihak pegadaian menetapkan harga emas dengan harga yang standar sesuai harga pasar. Proses transaksi di Pegadaian ini juga sangat cepat, yaitu kurang lebih 15 menit saja.
  3. Jika kita melakukan investasi emas, akan dipastikan terlebih dahulu harganya akan selalu mengalami kenaikan. Karena pada dasarnya emas jarang sekali mengalami penurunan harga.
  4. Jangka waktu cicilan pun tidak akan membebani, di Pegadaian telah tersedia waktu cicilan mulai dari 1 bulan hingga 36 bulan.
  5. Apabila di tengah jalan saat proses cicilan kamu ada keperluan mendesak, maka emas tersebut bisa digadaikan di Pegadaian pula. Pegadaian akan menghitung semua cicilan kamu selama ini, dan itulah nilai maksimal yang akan kamu dapatkan. Jika kamu telah memiliki uang kembali silahkan bayar dan melanjutkan cicilan kembali.
  6. Emas tersedia dalam berbagai pilihan berat , mulai dari 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, 250 gram, hingga 1 kg. Jadi Anda dapat menentukan sendiri mau berinvestasi dalam bentuk berat yang mana.
  7. Untuk sisi keamanan investasi pun, pihak Pegadaian menyediakan fasilitas penyimpanan emas Anda dengan biaya yang sangat terjangkau.
  8. Emas Anda dijaga aman oleh PT. Pegadaian, jadi jangan takut emas Anda akan hilang.
Jadi begitulah cara menabung emas di pegadaian dan syarat yang harus kamu lengkapi. Untuk membuka tabungan emas, silahkan langsung mendatangi Kantor Cabang Pegadaian terdekat. Kamu juga bisa mengunjungi situs resminya untuk melihat produk-produk lainnya di https://pegadaian.co.id

Tag : Menabung Emas di Pegadaian, Tabungan Emas Pegadaian, Investasi Emas di Pegadaian
Berikan Komentar
0 Comments

0 komentar