U2FsdGVkX195+fHqBq2gMzyB6ntFa3LfAeMQFa4roz8vrtgaRdo8qxJEyipK1KbWdCmooGheXxEzZxCxGBP4Sg==
Cara Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang - Panduan cara membuat blog di blogspot memang sudah sangat banyak dibahas dan ditemukan di Google. Namun bagaimana dengan cara membuat blog gratis dan menghasilkan uang menggunakan blogspot? Tentu saja inilah hal yang paling tepat untuk dibahas terlebih bagi blogger pemula yang baru mengenal dunia blogging. Karena mendaftar dan membuat akun blog secara gratis dan mendapatkan uang dari ngeblog itu mudah. Tetapi akan sulit jika tidak tahu proses dan persiapan apa yang harus dipersiapkan.

Blog gratis dari Google memang menjadi primadona bagi kita, terlebih jika mampu menghasilkan uang. Tetapi untuk menjadikan blog sebagai ladang penghasilan, kita tidak boleh hanya sekedar tahu cara mendaftar blognya saja. Ada beberapa persiapan yang sangat wajib kamu persiapkan sebelum akun blog tersebut didaftarkan. Hal ini akan berkaitan dengan kelangsungan blog kamu sendiri dan tentunya kesuksesan blog dalam mendapatkan penghasilan.

Cara Membuat Blog Yang Menghasilkan Uang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara membuat blog menggunakan blogspot memang sangat mudah. Hanya memerlukan Akun Gmail dari Google saja, kita sudah bisa memiliki akun blogspot Blogger. Akun blogspot ini sendiri sering digunakan blogger untuk menulis berbagai informasi, seperti kata-kata bijak, informasi pendidikan, bahkan juga digunakan sebagai situs berita.

Pertanyaan yang pasti akan muncul adalah, kenapa kita tidak langsung saja membuat akun blognya saja? Kenapa harus ada persiapan sedemikian rupa? Inilah yang sering menjadi jebakan bagi para blogger pemula saat baru terjun dalam dunia Blogger.
Membuat blog itu mudah, tetapi menghasilkan uang dari blog itu yang susah. 
Jika niat kamu membuat blog adalah untuk hobi, silahkan kamu baca artikel lainnya saja. Tetapi jika kamu membuat blog untuk mendapatkan uang melalui media Publisher Google Adsense, maka kamu wajib mengikuti tahap-demi tahap tulisan ini. Karena banyak sekali blogger yang berhenti ditengah jalan, karena sadar bahwa blog yang dibuatnya sudah kacau sejak awal. Tentu kamu tidak ingin terjadi pada blog yang akan kamu kelola bukan.

Jika kamu pernah mendengar istilah SEO, maka artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat blog dengan susunan yang disukai Google sehingga meningkatkan skor SEO Blog kamu nantinya. Berikut hal-hal yang perlu kamu persiapkan sebelum membuat blog di blogspot :

1. Tentukan Kategori Blog Terlebih Dahulu

Sebuah blog pasti memiliki identitas, atau sederhananya disebut dengan kategori (niche). Sebuah blog yang bagus memiliki identitas diri yang kuat. Misalnya blog Sugeng.id yang memiliki kategori seputar dunia blogging. Semakin jelas identitas yang kita miliki, maka blog yang kita kelola semakin terpercaya untuk kategori yang kita bawa.

Beberapa blogger pemula sering kali membuat kategori blognya secara sembarangan atau istilahnya "Blog Gado-Gado". Semua informasi seperti berita politik, bisnis, teknologi, dan lain sebagainya masuk kedalam blog yang dikelolanya. Al hasil, blog yang dikelola tidak memiliki brand di mata Google. Walau masih ada banyak faktor dalam membuat blog yang SEO friendly, kategori yang terarah akan sangat membantu kamu membuat blog yang kuat.

Sebagai contoh, kamu akan membuat blog di blogspot dengan kategori "Teknologi". Permasalahannya sekarang, kategori Teknologi ini sendiri sangatlah bermacam, seperti Robot, Sains, gadget, dan lain sebagainya. Untuk memudahkan kamu dalam membangun blog yang baik, pecah kategori induk menjadi sub kategori lainnya. Misalnya kamu akan membahas blog dengan kategori "GADGET", maka kamu bisa membuat sub kategori artikel tentang Smartphone, Laptop, dan Kamera, beserta Aplikasi yang masih ada hubungannya dengan Gagdet.
cara membuat blog di blogspot, cara daftar blog di google
Cara Menentukan Kategeri Blog Yang Benar

2. Buat 10 Artikel Pertama Dengan Teknik SEO

Persiapan selanjutnya untuk cara membuat blog di blogspot yang benar adalah dengan membuat 10 artikel yang bisa kamu ketik di Notepad terlebih dahulu. Perlu diperhatikan, jangan gunakan Ms. Word untuk mengetik, karena pada dasarnya kode HTML pada Ms. Word akan ikut terbawa ketika text tersebut kamu copy dan paste ke dalam blog. Hal ini akan menjadikan struktur kode artikel menjadi rusak dan membuat loading blog menjadi lambat.

Kenapa kamu harus membuat artikel terlebih dahulu padahal blognya sendiri belum ada? Berdasarkan pengalaman dan juga dari beberapa sharing di komunitas, blogger pemula akan semangat membuat blog di awal dan akan kebingungan setelah mau mulai menulis artikel perdana. Dan akhirnya, blog yang dibuat terbuang percuma dan membuat kamu menghabiskan waktu tanpa hasil.

Baca Juga : Syarat Menulis Ulang Artikel Untuk Blog, Rewrite

Untuk menjadikan blog yang menghasilkan, diperlukan ketekunan dan konsisten terhadap target. Untuk itu, cobalah membuat 10 artikel perdana dengan kaidah SEO. Namun bagaimana cara membuat artikel SEO? Kamu tidak perlu memikirkannya terlalu jauh, cukup membuat artikel dengan panjang kata minimal 600 kata, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Sisipkan kata kunci pada awal judul artikel kamu. Sebagai contoh :

Kata kunci : Cara Membuat Blog di Blogspot
Jadi, kamu bisa membuat judul seperti ini : Cara Membuat Blog di Blogspot Yang Menghasilkan Uang Untuk Pemula

Gunakan kata kunci tersebut dalam beberapa lokasi artikel, seperti di awal paragraf, tengah, dan akhir. Jangan lupa untuk menggunakan kata kunci tersebut pada Satu Sub Judul artikel kamu.

3. Buat Judul Blog dan Deskripsi Yang Kuat

Persiapan terakhir yang perlu kamu lakukan adalah membuat judul blog seunik mungkin. Terdapat 2 jenis judul blog yang paling umum digunakan oleh orang banyak. Yang pertama adalah Judul dengan nama Brand, dan kedua judul blog berdasarkan keywords (kata kunci).

Judul dengan nama Brand yaitu seperti : tasyavalerie.blogspot.com, sugeng.id, mastimon.com.
Sedangkan judul blog dengan keywords seperti : carainvest.com, trendiinfo.com, jualanonline.com.

Untuk mempermudah Google memunculkan blog kamu kepermukaan, maka saya sangat menyarankan untuk menggunakan nama berdasarkan Brand saja. Misalnya kamu bernama togar, maka kamu bisa membuat nama blog dengan : bangtogar.blogspot.com

Setelah itu, tentukan deskripsi blog yang akan kamu bangun. Deskripsi blog (meta tag deskripsi) adalah ringkasan umum yang mengambarkan isi dari keseluruhan artikel. Sebagai contoh :

Bangtogar adalah blog yang menyediakan informasi gadget seputar smartphone,  laptop, dan kamera terbaru dan terbaik.

Isi dari deskripsi usahakan mengandung kategori-kategori artikel yang akan kamu bahas. Jika semua persiapan diatas, saatnya kamu mendaftar blog di blogger milik sang Google.

Cara Membuat Blog Gratis dan Menghasilkan Uang dengan Blogspot

Untuk dapat memiliki akun blogger, kamu harus memiliki g-mail aktif. Setelah itu silahkan kunjungi situs bloggernya di https://www.blogger.com. Selanjutnya adalah :

  1. Pilih "create your blog",
  2. Masukkan akun G-mail aktif kamu,
  3. Pilih "Lanjutkan ke Blogger",
  4. Pilih "Buat Blog Baru",
  5. Masukkan Judul Blog Kamu dan Pilih alamat blogspot yang akan kamu gunakan. Misalnya Judul Blog kamu adalah "Bang Togar", maka kamu bisa menggunakan alamat blog seperti bangtogar.blogspot.com,
  6. Blog kamu sudah ada sekarang dan tinggal memilih tema blog yang kamu inginkan,
Tapi apa hanya batas ini saja? Tentu tidak. Langkah selanjutnya kamu perlu menyeting beberapa hal. Dan yang paling utama adalah "Meta Deskripsi" atau deskripsi blog yang sudah kamu buat tadi. Caranya mudah :
  1. Buka setelan di dasbor akun blogspot kamu,
  2. Pilih Preferensi Penelusuran,
  3. Aktifkan "Tag Meta" > "Deskripsi" dan masukkan deskripsi blog didalamnya. Hal ini akan membantu blog kamu mudah ditemukan melalui mesin pencari Google,
  4. Setelah itu, masih di halaman tersebut, pilih "Google Search Console" > Edit,
  5. Di sini kamu akan diminta untuk mendaftarkan blog kamu di websmaster. Silahkan cari topik ini di berbagai sumber lainnya (jika saya sempat, akan saya update),
  6. Masukkan Txt.Robot,
Setelah setelan sudah tersimpan, saatnya kamu menyiapkan artikel yang sudah kamu ketik sebelumnya. Publish satu per satu artikel tersebut setiap hari secara rutin. Jangn lupa sisipkan gambar pada postingan agar tampil lebih menarik.

Menghasilkan Uang Dari Blogger, Apa Bisa?

Untuk sub judul ini, saya akan mengarahkan kamu ke artikel yang menurut saya sudah sangat lengkap terkait bagaimana menjadi Blogger yang berpenghasilan. Silahkan kunjungi artikel berikut yang berjudul : 5 Cara Menghasilkan Uang Dari Membuat Blog Bagi Pemula.

Saya akan mengupdate terus artikel yang berjudul Cara Membuat Blog di Blogspot ini. Jadi jangan sampai ketinggalan yah, segera Subscribe newsletter kami sekarang.

Loading...