U2FsdGVkX195+fHqBq2gMzyB6ntFa3LfAeMQFa4roz8vrtgaRdo8qxJEyipK1KbWdCmooGheXxEzZxCxGBP4Sg==
Bagaimana cara membedakan SD Card asli atau palsu? SD Card yang biasanya disebut memori eksternal, memang sudah banyak beredar dipasaran. Bahkan, ada beberapa penjual yang berani menjual SD Card dengan harga murah. Tetapi ternyata tidak semua SD Card yang dijual tersebut merupakan memori asli.

Beberapa SD Card yang dijual dipasaran kerap kali ditemukan produk memori palsu.  Bayangkan saja, jika kamu sudah terlanjur menggunakan SD Card tersebut dan sudah memiliki ratusan bahkan ribuan data seperti foto. Dan hanya dalam tempo sebulan saja, SD Card tersebut ternyata rusak karena kita membeli SD Card palsu. Untuk itu, simak ulasan cara membedakan SD Card asli atau palsu berikut ini. Mudah hanya dengan dua cara :

Cara Membedakan SD Card Asli atau Palsu

cara membedakan sd card asli atau palsu

SD Card atau memori eksternal sendiri banyak jenisnya. Karena beberapa gadget memiliki slot SD Card yang berbeda beda. Jadi kamu juga perlu tahu jenis-jenis SD Card yang beredar dipasaran ini.
Terdapat 3 jenis varian SD Card yang saat ini masih digunakan, baik untuk kamera DSLR, HP, ataupun MP3 Player. Seperti :

SD Card - adalah jenis memori eksternal pertama yang diciptakan. SD Card ini berkembang menjadi memori eksternal yang kompatible dengan semua perangkat atau universal. SD Card ini menggunakan adapter memori agar dapat berfungsi. Bisa dibilang ini adalah SD Card pertama. SD Card ini untuk tahap selanjutnya menjadi paling universal karena bisa menggunakan adapter untuk kartu memori tahap selanjutnya.

Mini SD - memori ini paling banyak digunakan di era HP berbasis Symbian. Dan juga biasanya digunakan untuk penyimpanan pada perangkat pemutar MP3.

Micro SD - Memori eksternal Micro SD adalah yang paling banyak digunakan pada perangkat Smartphone saat ini. Ukurannya kecil dan dapat digunakan pada perangkat lain melalui memori adpater.

1. Cara Membedakan SD Card Asli atau Palsu Dari Fisiknya

Untuk membedakan SD Card asli atau palsu  kita dapat melihat dari bentuk fisiknya. Kita dapat membedakan SD Card tersebut asli jikan menggunakan cetakan timbul pada covernya. SD Card palsu biasanya hanya menggunakan sticker yang mudah terlepas.

Beberapa SD Card asli juga menggunakan sticker berhologram. Namun, kamu tetap akan menemukan cetakan timbul dibalik stiker SD Card tersebut. Biasanya cetakan timbul tersebut bertuliskan nama merek perusahaan.

2. Cara Membedakan SD Card Asli atau Palsu Menggunakan Aplikasi

Cara kedua untuk membedakan SD Card asli atau palsu yakni dengan menggunakan aplikasi yang dapat kamu unduh secara grtais di playstore. Aplikasi untuk membedakan SD Card asli dan plasu ini bernama SD Insight. Aplikasi ini bekerja secara otomatis dan melakukan scanning data yang terdapat dalam SD Card.

Kamu akan disuguhkan informasi terkait keaslian SD Card yang kamu gunakan. Jika aplikasi tidak menampilkan informasi SD Card yang tertanam dalam Ponsel kamu, itu menandakan bahwa SD Card yang kamu gunakan adalah palsu.

Aplikasi SD Insight ini, juga akan memberikan informasi terkait tanggal pembuatan SD Card, model dan Seri SD Card dan sebagainya. Informasi ini dapat kamu gunakan sebagai acuan untuk melakukan komplain kepada pihak penjual. Karena terkadang SD Card asli yang dijual adalah SD  Card yang sudah pernah dipakai. Sehingga seri dan model SD Card ersebut berbeda dengan kemasannya.

Walau kamu sudah mengetahui cara membedakan SD Card Asli atau palsu, kamu tetap harus berjag-jaga. Sebaiknya kamu meminta garansi kepada penjual agar kartu SD yang kamu gunakan dapat dikembalikan jika rusak. Atau kamu juga dapat langsung mengecek keasliannya saat membeli dengan dua cara membedakan SD Card Asli atau palsu yang TrenDi Info berikan ini.
Loading...