U2FsdGVkX195+fHqBq2gMzyB6ntFa3LfAeMQFa4roz8vrtgaRdo8qxJEyipK1KbWdCmooGheXxEzZxCxGBP4Sg==
Aplikasi edit foto dari Photoshop memang menjadi juara jika berbicara bagaimana cara edit foto dengan mudah. Mudahnya menggunakan aplikasi edit foto melalui aplikasi Photoshop, menjadikan aplikasi ini menjadi aplikasi edit foto terbaik dan nomor satu di pencarian Google. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Adobe yang memang menjadi salah satu perusahaan digital terbesar di dunia.

Bagi yang baru mengenal desain gambar di bidang editor foto, mungkin aplikasi Photoshop ini menjadi aplikasi yang paling direkomendasikan. Aplikasi ini tidak terlalu sulit untuk digunakan, karena Photoshop sendiri mengandalkan plugin yang akan mempermudah kerja editor.

cara edit foto dengan photoshop

Menggunakan Aplikasi Photoshop Untuk Mengedit Foto atau Gambar

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu cukup mengunduh secara langsung di situs resminya di www.adobe.com/Photoshop. Jika kamu ingin versi gratisnya, kamu bisa menghubungi kami dengan memberikan komentar dan like fanspage kami di Facebook.

Sebelum mengetahui cara edit foto di Photoshop, ada baiknya kamu mengetahui apa saja Plugin yang ada dan paling sering digunakan.

Fitur Yang Paling Sering Digunakan Dalam Photoshop

1. Fitur Crop

Fitur Crop adalah plugin yang berguna untuk menghilangkan bagian-bagian gambar yang tidak kita inginkan. Biasanya, dalam mengedit foto untuk membuat pas foto, plugin ini menjadi plugin yang paling sering digunakan. Plugin Crop dapat berfungsi untuk mengantikan warna latar belakang.

Fitur crop ini terbagi menjadi beberapa bagian, yakni :
  1. Marquee Tool
  2. Lasso Tool
  3. Magic Wand Tool
Plugin ini memiliki fungsi yang sama, yakni untuk mempermudah kita menyeleksi area yang akan dibuang atau tidak.

2. Plugin Filter

Plugin filter menjadi senjata utama para editor foto untuk memberikan efek saat mengedit foto. Banyak sekali jenis plugin efek yang dapat gunakan di bagian fitur ini. Kamu cukup mengklik tab "Filter" dan memilih efek apa yang akan kamu gunakan. Efek yang paling sering digunakan oleh editor foto ketika mengedit foto seperti :
  1. Blur
  2. Skecth
  3. Texture
Dengan mengkombinasikan kreatifitas dan efek dalam aplikasi Photoshop ini, kamu akan mendapatkan hasil editan foto terbaik.

3. Blending Options

Fitur blending adalah plugin yang di desain untuk menambahkan kesan dramatis pada gambar. Dengan plugin ini, kamu bisa lebih berkreasi untuk membuat foto yang lebih berkesan dan unik. Pada plugin Blending Options ini, kamu bisa menggunakan item-item sebagai berikut :
  1. Drop Shadow
  2. Iner Shadow
  3. Outer Glow
  4. Stroke
Untuk menggunakan fitur ini, kamu cukup menggerakkan mouse kamu ke jendela "Layer". Dan klik kanan pada gambar yang akan di berikan sentuhan desain.

4. Fitur Editor Warna

Plugin yang terakhir untuk mengedit foto yang paling sering digunakan adalah plugin untuk mengubah warna. Kamu bisa membuat gambar menjadi semakin cerah, gelap, atau bahkan mengganti warna dasar yang ada. Misalnya, kamu ingin menjadikan daun yang berwarna hijau menjadi warna coklat. Kamu bisa bereksperimen dengan memilih Tab Image > Adjustment.

Cara Edit Foto Dengan Photoshop

Untuk pembahasan kali ini, kita akan mencoba membahas bagaimana cara edit foto untuk membuat Pas Foto. Dengan ini, kamu akan mengetahui teknik dasar editing foto. Sumber : CARAINTEL

1. Menyiapkan File Foto Yang Akan Diedit

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, kamu bisa menggunakan smartphone dengan resolusi kamera diatas 5MP. Jika kamera kamu memiliki fitur auto fokus, maka hasilnya akan semakin baik. Ambil gambar dengan latar belakang dinding yang memiliki satu warna saja. Ambil foto dalam jarak dekat agar ketika file diperbesar, hasil gambar tidak akan pecah.

2. Pindahkan File Ke Aplikasi Photoshop

Setelah foto sudah dianggap memenuhi syarat alias sudah bagus untuk dijadikan pas photo, pindahkan file tersebut ke aplikasi Photoshop. Cara edit latar belakang bisa dilakukan dengan beberapa trik, yaitu :
Menggunakan Magic Tools
Magic tools memang menjadi fitur andalan dalam membuat pas photo. Cara edit latar belakang foto dengan magic tools ini sangat mudah. Karena dengan tools ini, kamu hanya perlu 1 kali klik jika latar belakang foto memiliki warna yang sama dan kontras. Namun sebelumnya, ubah warna layar yang ingin digunakan seperti gambar berikut ini.
cara edit foto dengan mudah dengan photoshop
Setelah itu, klik bagian yang akan diganti dengan Magic tools dan pilih tombol “Delete” pada keyboard. Jika resolusi dan warna latar belakang file asli sudah sangat bagus (satu warna dan memiliki kerapatan tinggi) maka kamu bisa langsung ketahapan selanjutnya. Namun jika masih ada sisa gambar yang tidak terhapus, kamu bisa menggunakan Eraser Tools untuk menghapus seperti yang ditunjukkan pada gambar diatas sebelumnya.

Namun, kekurangan dalam membuat pas photo menggunakan magic tools adalah masih tersisanya bagian gambar yang tidak diinginkan pada bagian badan. Untuk itu, kamu bisa membuat pas photo dengan tools berikutnya ini.
> Menggunakan Lasso Tools
Cara edit latar belakang foto dengan menggunakan Lasso Tools memang sedikit lebih membutuhkan ketelitian. Karena Lasso Tools ini berfungsi untuk membuat garis pada bagian yang akan dihapus. Dengan Lasso Tools, kamu bisa membuat pas photo dengan memberikan garis garis pada bagian badan secara bertahap.
mengedit foto dengan photoshop
Klik kanan pada mouse kamu pada pilihan Lasso Tools seperti gambar di bawah ini. Setelah itu pilih Polygonal Lasso Tools. Arahkan mouse kamu diarea yang akan kamu hapus atau bisa juga ke area yang akan kamu simpan. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

3. Simpan Gambar Dengan Format JPEG Dengan Kualitas Maksimum

Tahap selanjutnya dalam cara edit latar belakang foto untuk membuat pas foto adalah menyimpan hasil editan dalam format JPEG. Kamu dapat menyimpan dengan menekan tombol kombinasi ctrl+s atau juga bisa mengklik tombol “File” dan pilih “Save As”. Ubah format menjadi JPEG dan klik Save.

4. Membuat Wajah Menjadi Halus Dengan Aplikasi Foto Editor Android

Cara membuat pas foto yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan yang bisa kamu gunakan melalui smartphone android kamu. Kamu bisa menggunakan aplikasi android 360 untuk menghaluskan  dan memutihkan wajah dengan mudah. Setelah itu pas foto kamu selesai untuk dicetak.

Sangat mudah bukan cara edit latar belakang foto untuk membuat pas foto ini? Kamu hanya perlu berkreasi untuk mendapatkan hasil yang berkualitas. Kamu juga bisa melihat cara edit latar belakang foto (teknik croping) melalui video berikut ini.
Loading...