Cara Membuat Artikel Yang Tepat Untuk Membangun Sebuah Blog


Cara membuat artikel yang tepat untuk blog itu seperti apa? Apakah hanya sebatas nulis dan nulis saja? Kali ini saya akan mencoba memaparkan bagaimana cara menulis artikel yang tepat untuk membangun sebuah Blog atau website. Namun sebelumnya, saya meminta maaf jika artikel ini tidak sesuai dengan informasi yang kamu dapatkan diluar sana. Yah, karena memang cara ini adalah cara saya membuat artikel untuk beberapa blog yang saya kelola.
Bagi para Blogger, pastinya sudah tahu bahwa Kualitas Konten dari sebuah artikel adalah Raja untuk mendapatkan posisi terbaik di mata Google. Namun, apa iya? Tidak juga. Sebagus apapun kinerja Sang Raja, tidak akan maksimal jika para menterinya Korupsi. Saya sudah membahas bagaimana cara membuat artikel berkualitas SEO di postingan TrenDi Info sebelumnya. Walau saya bukanlah pakar SEO, setidaknya ada informasi yang belum banya tersebar di dunia si Maya.

Jadi, Bagaimana Cara Membuat Artikel Untuk Blog?

Sebelum kamu melanjutkan membaca artikel ini, sebaiknya kamu membaca beberapa artikel TrenDi Info pada Kategori Teknik Blogging. Sehingga pembahasan ini tidak terlalu panjang.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah :

Menentukan Satu Kategori Artikel Unik

Kategori atau istilah kerennya, Niche, adalah hal pertama yang wajib kamu tentukan terlebih dahulu sebelum memulai menulis artikel. Kebanyakan Blogger suka sekali menulis artikel sesuai apa yang difikirkan pada waktu ide tersebut muncul. Misalnya, saya ingin sekali menulis bagaimana cara menulis artikel yang tepat. Akhirnya saya menulis dan berhasil membuat artikel ini dengan panjang kali lebar sama dengan luas.

Tetapi, besoknya saya mulai menulis artikel lain yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan kategori menulis artikel. So? Dimana letak kesalahannya? Sah-sah saja jika kamu menjadikan dunia Blog sebagai Hobby. Tetapi, jika kamu ingin serius menggarap dunia Blog untuk prospek bisnis jangka panjang, saatnya berhenti melakukan ini.

Kategori artikel unik adalah artikel yang jika dituliskan akan terus menyambung menjadi satu kesatuan. Kalau istilah saya "Inter Connected Article" atau artikel yang saling berkaitan. Sebenarnya apa gunanya? Sangat banyak. Saat ini algoritma Google membutuhkan Data Perayapan yang salah satunya adalah "Anchor Text By Keyword" atau ada tautan yang ditanamkan pada sebuah keyword.

Jadi kesimpulannya, sebelum menulis artikel untuk blog, cara yang paling tepat adalah mengumpulkan terlebih dahulu minimal 10 judul artikel yang dianggap saling berkaitan satu sama lain. Pecah judul tersebut dalam bentuk tabel yang berisi keywords utama, keyword turunan, dan keyword LSI. Selanjutnya?

Membuat Artikel Unik Sebanyak Lebih 500 Kata

Kenapa jumlah kata menjadi faktor penentu baik atau tidaknya cara membuat artikel? Ada beberapa orang yang mengatakan, bahwa jumlah kata tidak mempengaruhi artikel mendapatkan posisi Pageone. Namun, dari banyak sumber yang saya dapatkan, bahwa dengan membuat artikel yang panjang dan jelas (Ingat, Jelas dan Rinci) akan menambah kekuatan keywords untuk menjadikan artikel mudah dipahami oleh Robot Google.

Indepth Content atau konten yang mendalam mencerminkan beberapa variabel seperti : What, where, who, why, when, dan information (5W 1 H). Dengan membuat artikel yang rinci seperti itu, maka kamu bisa dengan leluasa menggunakan keyword untuk menjadikan artikel kamu berada diposisi puncak.

Sebelumnya saya sudah menyarankan bukan, untuk membuat Tabel yang berisi Keyword? Inilah gunanya. Kamu bisa menyisipkan keyword tersebut kedalam artikel yang kamu buat. Gunanya apa? Ikuti ilustrasi berikut :

Ketika kamu menulis artikel pertama, kamu juga menempatkan keyword yang akan digunakan pada artikel kedua. Setelah itu, ketika artikel kedua sudah selesai dan dipublish, kamu bisa mengambil URL artikel kedua dan menempatkan URL tersebut pada keyword yang sebelumnya sudah direncakan untuk ditanam pada artikel pertama. Sehingga kamu sudah mendapatkan "Anchor Text By Keyword". Dan jangan lupa, untuk Submit ulang artikel pertama di Webmaster.

Pastinya paham sampai disini. Lakukan hal tersebut hingga ke 10 artikel. Jika kamu sanggup, kamu bisa melakukan penempatan silang antar artikel untuk menanamkan anchor text tersebut.
Next,

Bangun Sebuah Kelompok Kecil Untuk Membantu

Apa hubungannya sebuah kelompok dengan membuat artikel? Pastinya ada dan sangat membantu. Ingat, saat ini Google mencari Blog yang memiliki dukungan dari blog lainnya. Atau istilanya adalah Backlink.

Backlink adalah sebuah tautan yang berasal dari luar (eksternal link website) yang diarahkan menuju artikel atau homepage kita. Backlink yang paling bermanfaat pastinya adalah backlink yang mengarah pada artikel, bukan pada Homepage.

Dengan membangun sebuah kelompok kecil, kita bisa saling berbagi informasi terkait bagaimana cara membuat artikel yang tepat. Dengan berbagi informasi ini, kita bisa saja mendapatkan backlink yang natural dari kelompok kita jika artikel kita dianggap layak dijadikan sebagai referensi.

Saat ini, saya bersama kawan-kawan yang lain, mencoba melakukan cara ini. Selain berbagi ilmu terkait dunia Blogging, kami tidak sungkan untuk meminta bantuan teman-teman lainnya untuk menanamkan Backlink. Tetapi tetap melihat kualitas konten terlebih dahulu. Sampai saat ini, kami sering aktif membahas informasi seputar SEO On Page dan Off Page.

Dan cara membuat artikel yang tepat untuk membangun blog yang terakhir adalah

Menulis Artikel Secara Rutin dan Berkala

Publikasi artikel secara rutin itu perlu dan sangat wajib. Namun tetap harus menentukan waktu. Kenapa demikian?

Coba sesekali kamu memperhatikan dasbord Analytic. Pada saat kapan pengunjung kamu di angka terbaik? Sama halnya dengan obat yang harus diminum dalam selang waktu tertentu, begitu juga dengan publikasi artikel. Dengan mengetahui jam paling ramai pengunjung, kamu bisa menentukan waktu yang paling tepat untuk publikasi.

Misalnya saja, kamu memiliki 3 artikel siap terbang. Karena tidak sabar, kamu langsung publikasi ketiga artikel tersebut sekaligus. Alangkah baiknya, jika kamu membagi waktu publikasi yang disesuaikan dengan jam ramai pengunjung.

Jika kamu mampu, akan lebih baik publikasi dilakukan pada jam yang selalu sama. Misalnya pada pukul 8 pagi, 12 siang, dan 8 malam. Lakukan secara rutin dan berkala. Dan hasilnya akan sangat memukau.

Sebenarnya masih ada beberapa hal lagi terkait cara menulis artikel untuk membangun sebuah blog yang benar-benar kuat. Namun semua itu butuh proses. Lakukan keempat cara tersebut untuk langkah awal. Fokus adalah menjadi kunci utama, dan managemen waktu yang baik, akan mampu membantu blog kamu menjadi lebih profesional.

Salam Hangat, Founder TrenDi Info : Etro Jaya Sinaga.

0 Response to "Cara Membuat Artikel Yang Tepat Untuk Membangun Sebuah Blog"

Post a Comment

Pesan Anda Sedang Di Moderasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...