U2FsdGVkX195+fHqBq2gMzyB6ntFa3LfAeMQFa4roz8vrtgaRdo8qxJEyipK1KbWdCmooGheXxEzZxCxGBP4Sg==

Wisata Alam Pulau Panjang - Menjalani aktivitas pekerjaan yang monoton terkadang membuat Anda mendambakan liburan santai disebuah pulau sepi. Memberikan waktu untuk diri Anda sendiri menikmati keindahan alam pulau dan pantai yang mengelilingi Anda. Wisata alam sendiri memiliki manfaat luar biasa terhadap kualitas hidup Anda.

wisata alam pulau panjang

Tapi kadang Anda ragu apakah ada tempat wisata yang menyajikan hal seperti itu. Karena biasanya objek wisata terlebih dengan nuansa alam yang masih asri cukup sulit ditemukan. Namun ternyata terdapat sebuah objek wisata alam yang berada dipulau yang memang masih sangat alami. Anda harus mencoba mengunjungi salah satu pulau wisata yaitu obejk wisata Pulau Panjang.


Lokasi Objek Wisata Alam Pulau Panjang

Pulau Panjang adalah sebuah pulau wisata yang tidak banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. Terletak di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, pulau ini mempunyai luas 19 hektar. Dan mempunyai jarak sekitar 1,5 mil atau 2,5 km dari Pantai Kartini di Jepara. Untuk akses menuju Pulau Panjang dibutuhkan waktu perjalanan sekitar 10-20 menit dengan kapal.


Pulau ini adalah pulau indah yang belum banyak diketahui dan belum mendapat banyak perhatian dari pemerintah setempat. Hanya terdapat delapan orang yang ada di pulau ini. Lima orang penjaga mercusuar dan dua orang penjaga makam serta seorang perempuan yang sedari dulu sudah tinggal di pulau ini.

Objek wisata Pulau Panjang memang wajib menjadi salah satu tujuan berlibur di akihir pekan. Berikut ulasan tentang Pulau Panjang yang dapat menjadi referensi Anda nantinya.

Pesona Alam dan Potensi Wisata yang Luar Biasa

Objek wisata alam Pantai Panjang mempunyai pemandangan alam yang tidak diragukan lagi keindahannya. Hal ini didukung dengan panorama pantai yang memikat. Pasir putih yang menghampar di sepanjang bibir Pulau Panjang dan warna biru kehijauan air laut yang sebening kristal menyejukan mata para wisatawan.

Tidak hanya penampak lautnya yang indah, di pantai sekitar panjang banyak keindahan terumbu karang yang masih terlestari dengan baik. Banyak ikan-ikan yang masih berkeliaran dan hidup di sekitar terumbu tersebut. Dan ini menjadi pilihan tepat bagi kamu yang suka menikmati keindahan alam bawah laut yang masih asri.

wisata alam pulau panjang
Pulau Panjang - Via : jejakpiknik.com

Selain pantai, Anda juga dapat menikmati keindahan hutan tropis di Pulau Panjang. Banyak pohon rindang yang tumbuh seperti pohon dadap, pohon randu, pohon asam jawa, dan pohon pinus yang sudah berusia puluhan tahun. Selain itu terdapat pula makam seorang ulama yang cukup besar bernama Syeikh Abu Bakar bin Yahya Ba’alawy.

Beliau merupakan salah satu ulama yang menyebarkan Islam di Jepara dan orang yang datang dan membuka Pulau Panjang. Beberapa wisatawan ataupun sejarahwan mendatangi lokasi ini, karena pengaruh Syeikh Abu Bakar bin Yahya Ba’alawy cukup mempengaruhi penyebaran agama Islam di Jepara. Ada pula sebuah sumur yang bernama Sumur Barokah. Banyak mitos yang mengatakan bahwa air dari sumur tersebut dapat mendatangkan keselamatan dan kesehatan.


Anda Bisa Memilih Wisata yang Anda Sukai

Dikarenakan potensi alam dan wisata yang cukup banyak di Pulau Panjang. Anda dapat memilih aktivitas apa yang ingin Anda lakukan. Dengan panorama laut yang luar biasa, Anda dapat memilih bermain air disekitar bibir pantai aku melakukan snorkeling. Melihat keindahan terumbu karang. Peralatan snorkeling ini dapat Anda pinham di pulau tersebut.

Objek wisata alam Pulau Panjang tidak hanya menyediakan hamparan pantai dan laut yang jernih. Jika Anda tidak ingin bermain air, Anda dapat melakukan tracking ke seluruh pulau. Sudah tersedia jalur tracking sehingga Anda tidak perlu takut untuk tersesat saat berkelana di Pulau Panjang.

wisata alam pulau panjang
Kejernian Air Laut Pulau Panjang - Via : jejakpiknik.com

Dikarenakan pulau ini cukup sepi, pulau ini juga sering digunakan untuk beach camp. Anda juga bisa menyewa peralatan untuk bermalam di Pulau ini.
Biaya Yang Relatif Murah

Pulau Panjang mempunyai dua jalur yang dapat Anda lewati. Bisa melewati Pantai Kartini juga Pantai Bandengan. Untuk biaya kapal, ada berbagai variasi dimulai dari Rp 13.000,- hingga Rp 30.000- untuk perorangan.

Jika Anda ingin menyewa satu kapal, dapat dipatok mulai harga Rp 100.000,- hingga Rp 200.000,- Selain itu akan ada uang retribusi yang ditarik di pulau panjang sebesar RP 5.000,- saja. Berminat untuk mengunjungi tempat wisata ini? Demi keamanan, sebaiknya Anda melakukan travelling bersama teman-teman. Selain objek wisata ini masih sangat alami, pulau ini tidak dihuni oleh banyak.
Loading...