U2FsdGVkX195+fHqBq2gMzyB6ntFa3LfAeMQFa4roz8vrtgaRdo8qxJEyipK1KbWdCmooGheXxEzZxCxGBP4Sg==
Template gratis responsive masih menjadi salah satu priamadona para Blogger Indonesia. Karena selain Gratis, template responsive menjadi salah satu cara mendapatkan akun Google Adsense. Banyak website yang menyediakan template gratis yang dapat digunakan oleh para Blogger, seperti Gooyabi Template, BTemplate, dan lain sebagainya. Namun, tidak semua template gratis ini memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan semua Gadget alias Responsive.
template gratis responsive
Template responsive adalah tema halaman sebuah blog yang mampu menyesuaikan bentuknya sesuai dengan perangkat yang digunakan untuk membuka halaman blog. Misalnya TrenDi Info yang akan menyesuaikan diri ketika dibuka diberbagai macam gadget. Silahkan coba buka blog ini di Smartphone, Tablet, dan Laptop, maka tampilannya akan tetap menyesuaikan ukuran layar.

Namun tidak semua template responsive dapat membuka halaman blog dengan cepat. Loading blog  yang lama menjadikan artikel yang kamu publish kemungkinan besar tidak akan berada di halaman pencarian Page One alias halaman pertama pencarian Google. Hal ini dipertegas oleh pihak Google sendiri yang menyebutkan bahwa Blog atau Website dengan Loading Cepat saja yang akan diprioritaskan berada di halaman pertama, kecuali konten yang dimiliki sangat berkualitas.

Jadi Bagaimana Memilih Template Yang Tepat?

Template terdiri dari banyak jenis, tergantung kebutuhan penggunanya. Ada template yang sengaja dibuat khusus untuk dijual kembali alias Premium, dan ada template yang gratis. Ada template khusus untuk jualan online, ataupun untuk blog pribadi. Dan yang paling penting, template pasti akan berbeda jika menggunakan platform yang berbeda. Seperti platform WordPress dan Blogspot yang memiliki jenis template yang berbeda-beda.

Dalam menggunakan template Blog, kamu bisa mengecek sendiri apakah blog tersebut Responsive dan Loading Cepat atau tidak. Banyak website untuk mengecek apakah template yang kamu gunakan responsive dan fast loading. Untuk mengecek template responsive, kamu bisa menggunakan website http://ami.responsivedesign.is/. Kamu cukup memasukkan URL Blog kedalam website tersebut dan memilih Gagdet apa yang akan kamu coba gunakan.

Sedangkan untuk mengecek kecepatan Loading Blog, kamu bisa menggunakan layanan yang diberikan oleh Google yakni Google Pagespeed Insight. Akan ada indikator warna dan dua tampilan gadget (smartphone dan laptop) yang menunjukkan seberapa cepat loading blog yang kamu kelola.
  1. Merah - Poor, menunjukkan bahwa blog kamu sangat lambat
  2. Kuning - Medium, menunjukkan bahwa kamu perlu meningkatkan kecepatan blog
  3. Hijau - Good, menunjukkan bahwa loading blog kamu sudah baik
Google Pagespeed Insight ini juga akan memberikan petunjuk mengapa blog kamu sangat lambat. Namun, bagi para pemula, petunjuk ini mungkin akan sukar untuk dipahami. Jadi bagaimana solusinya?

Coba Gunakan Beberapa Template Gratis Di Blog Cadangan

Cara ini adalah cara yang paling tepat dan mudah untuk mendapatkan template Gratis dan Responsive dengan cepat.  Kamu bisa mengunduh beberapa template di penyedia template gratis seperti Gooyabi. Setelah itu, upload template tersebut di sebuah Blog baru agar tidak menggangu blog utama kamu. Dan cek seberapa responsive dan cepat loading kamu menggunakan dua tools diatas.

Jika kamu ingin mencoba template Gratisan yang TrenDi Info gunakan, silahkan kamu mengunjungi situs resminya GianMr. Tema ini sangat cepat loading dan sangat responsive. Selain itu template gratisan karya mas Gian ini juga mudah digunakan. Jika kamu kesulitan untuk mensetting template hasil mas Gian ini, kamu bisa Komen di artikel ini.

Jangan Gunakan Widget Yang Tidak Penting

Ketika kamu sudah mendapatkan template gratis responsive, ada hal yang wajib kamu lakukan agar blog kamu bekerja secara optimal. Jangan terlalu suka menggunakan Widget yang tidak penting. Terkadang para Blogger Pemula banyak melakukan kesalahan ini. Silahkan baca widget apa yang wajib ada pada template di sini.


Terlalu banyak widget akan menjadikan loading blog semakin lambat. Ditambah lagi, terdapat kode HTML yang merujuk pada sebuah gambar yang memiliki resolusi ukuran yang besar. Bahasa kerennya, Blog kamu nggak SEO Friendly dan nggak Human Friendly.

Memilih template gratis memang menjadi sebuah solusi bagi blogger yang baru menekuni dunia blogging. Namun tidak ada salahnya jika kamu mencoba template premium agar kamu bisa merasakan langsung perbedaan antara template satu dengan yang lain.

Selamat mencoba.
Loading...