Mengatasi Kaki Dingin Dengan Cara Mudah Dan Sederhana

▼▼Dapatkan Voucher Hingga 100.000 Di Sini▼▼
Pernah mengalami kaki terasa dingin walau saat disiang hari? Tidak pernah dipungkiri bahwa setiap orang baik itu anak-anak ataupun orang dewasa pasti pernah mengalami kaki dingin dan tentunya hal ini akan membuat kita menjadi tidak nyaman. Walau kita telah menyelimuti kaki kita dengan selimut, kaki akan tetap terasa dingin dan terasa pegal-pegal.

cara mengatasi kaki dingin

Penyebab kaki dingin ini sendiri sebenarnya terjadi bagi orang dengan sirkulasi darah yang tidak lancar. Pasokan oksigen dan darah yang minim menjadi salah satu penyebab terjadinya kaki dingin. Jadi untuk menghilangkan telapak kaki dingin adalah dengan melancarkan peredaran darah agar sirkulasinya berjalan normal kembali.

Selain karena sirkulasi darah yang tidak lancar, penyebab kaki dingin juga bisa disebabkan karena penyakit seperti anemia, sindrom kelelahan kronis, sindrom kaki gelisah, neurapti perifer atau kerusakan saraf, penyakit pembuluh darah perifer, diabetes, hipotiroidisme, penyakit Raynaud dan hipotermia. Jika dampak kaki dingin ini juga disertai gejala lainnya seperti perubahan warna kulit, lecet, dan luka sebaiknya anda langsung berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penangan medis.

Kali ini, TrenDi Info akan berbagi tips cara mengatasi kaki dingin dengan metode sederhana. Mengobati kaki dingin tanpa obat, akan menjadi pilihan terbaik untuk kamu simak. Berikut cara membuat kaki menjadi hangat dengan mudah.

Kaki Dingin Hilang Dengan Minyak Hangat

Memijat adalah metode yang paling mudah untuk menghilangkan rasa tidak nyaman dari kaki dingin. Wajar saja banyak sekali pengobatan alternatif yang menggunakan metode memijat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

cara mengatasi kaki dingin

Namun, kamu bisa memijat sendiri untuk mengatasi masalah kaki dingin ini. Cara tradisional mengatasi kaki dingin akan merangsang aliran darah ke ekstremitas kamu. Selain itu, memijat kaki secara teratur akan membantu sirkulasi darah pada kaki menjadi tetap sehat. Untuk menggunakan minyak hangat dalam memijat kaki, kamu dapat melakukan cara berikut ini :


Gunakan minyak zaitun yang sudah dihangatkan. Kamu bisa menghangatkan minyak tersebut menggunakan kompor. Setelah itu oleskan minyak zaitun ke telapak kaki dingin secara merata. Pijat telapak kaki dingin mu dengan dua tangan secara perlahan dan lakukan selama 10 menit. Setelah itu gunakan kaos kaki berbahan katun ketika hendak tidur. Lakukan proses pemijatan ini selama satu minggu berturut turut jika perlu. Dan akan lebih baik jika pasangan kamu yang melakukannya.

Mengatasi Kaki Dingin Dengan Hidroterapi

Hidroterapi adalah metode pengobatan dengan memanfaatkan air sebagai media penyembuhannya. Secara sederhana, kamu hanya perlu merendamkan telapak kaki kamu ke dalam air. Hidroterapi adalah salah satu pilihan yang paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan kaki menjadi hangat. Kamu bisa menggunakan metode hidroterapi ini sambil menonton, ataupun sedang makan.

cara mengatasi kaki dingin
Hidroterapi - Sumber Gambar : hellosehat.com
Namun, kamu jangan salah cara melakukan metode hidroterapi ini. Cara mengatasi kaki dingin dengan hidroterapi yang benar adalah dengan menggunakan air hangat dan air dingin. Rendaman air hangat membantu meningkatkan sirkulasi, sedangkan rendaman air dingin membantu mengurangi gejala.

Cara menggunakan metode hidroterapi pada kaki dingin adalah dengan mengisi 2 baskom dengan masing-masing diisi air dingin dan air hangat. Rendamlah kaki dingin kamu terlebih dahulu pada baskom yang berisi air dingin selama dua menit. Setelah itu, rendamlah kaki mu ke dalam baskom yang berisi air hangat selama dua menit. Lakukan berulang selama 20 menit. Segera gunakan kaos kaki katun agar kaki mu tetap terasa hangat. Sebagai tambahan, kamu dapat mencampur beberapa tetes minyak esensial jahe, rosemary, peppermint atau cypress ke dalam air.

Melakukan Latihan Kaki Untuk Mengatasi Kaki Dingin

Cara mengatasi kaki dingin yang selanjutnya adalah dengan lebih sering menggerakkan kaki dan berolahraga. Melatih kaki bertujuan untuk melancarkan aliran darah dan juga membantu memperkuat pembuluh darah. Dari sumber media kesehatan online, Sehatly, terdapat beberapa latihan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kaki dingin.
  • Latihan kaki #1 - Berdiri tegak di ujung jari-jari kakimu selama 1 menit, kemudian perlahan-lahan turunkan tumitmu. Ulangi prosedur tersebut selama 10 menit.
  • Latihan kaki #2 - Ketika duduk, putar masing-masing kaki searah jarum jam dan kemudian berlawanan arah jarum jam pada pergelangan kaki 10 sampai 20 kali.
  • Latihan kaki #3 - Gunakan jari-jari kakimu untuk mengambil sepotong kain atau objek lain dari lantai. Ulangi beberapa kali.
Baca Juga : Lakukan Cara Berolahraga Pagi Ini Untuk Hasil Yang Optimal

Lakukan salah satu latihan ini untuk mengembalikan kehangatan ketika kamu merasa kakimu menjadi dingin.

Konsumsi Minuman Jahe Membantu Meringankan Kaki Dingin

Cara terakhir untuk membantu mengatasi kaki dingin adalah dengan mengkonsumsi wedang jahe. Jahe adalah salah satu obat yang memang sudah sangat sering digunakan untuk menghangatkan badan karena mengandung senyawa seperti gingerol dan zingerone.

cara mengatasi kaki dingin

Kamu cukup merebus jahe secukupnya dan menambahkan gula merah agar lebih terasa nikmat. Dengan rutin mengkonsumsi wedang jahe, maka kondisi tubuh kamu akan semakin prima dan tentunya sirkulasi darah dan oksigen akan semakin lancar.

Semoga artikel cara mengatasi masalah kaki dingin ini dapat bermanfaat. Kamu bisa menerapkan ke empat cara tersebut, karena pada dasarnya kaki dingin dapat dengan mudah diatasi dengan cara yang tepat.
Berikan Komentar
0 Comments

0 komentar