U2FsdGVkX195+fHqBq2gMzyB6ntFa3LfAeMQFa4roz8vrtgaRdo8qxJEyipK1KbWdCmooGheXxEzZxCxGBP4Sg==
Cara Memberikan MPASI - MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu adalah makanan yang diberikan kepada bayi yang berguna agar bayi mengenal tekstur-tekstur makanan baru selain ASI.

Sebaiknya dalam memberikan makanan pendamping ASI ini dilakukan setelah enam bulan pertama sejak bayi lahir. Hal ini karena saat enam bulan pertama, bayi harus mendapatkan asupan gizi terbaik didalam  ASI secara eksklusif.

Memperkenalkan makanan baru kepada bayi tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena saluran pencernaan bayi masih rentan terhadap makanan yang diproses dengan tangan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memberikan MPASI

Pemberian makanan pendamping ASI memang sangat dibutuhkan agar bayi sedikit demi sedikit terbiasa dan mengenal makanan baru.

cara memberikan MPASI
Memberikan Makanan Pendamping Pada Bayi - Sumber Gambar : vitasi.net
Ahli kesehatan bayi menyarankan untuk melakukan pemberian makanan pendamping kepada bayi setelah bayi berusia 6 bulan. Umur bayi di atas 6 bulan dianggap telah mampu untuk mencoba makanan selain ASI.

Selain itu masih banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian makanan pendamping ASI ini. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana memberikan MPASI yang aman kepada bayi.

Makanan Pendamping bukan Makanan Pengganti

Sesuai dengan sebutannya, ‘makanan pendamping’, makanan yang diberikan pada bayi yang berusia di bawah 1 tahun berfungsi untuk perkenalan saja. Dengan kata lain nutrisi utama tetap bergantung pada ASI.

Pemberian ASI eksklusif tetap menjadi prioritas bagi Bayi hingga berumur minimal 6 bulan. Makanan pendamping ini hanya diberikan untuk membantu  bobot bayi menjadi lebih optimal.

Jangan Terlalu Memaksa

Memberikan makanan selain ASI kepada Bayi bagus untuk perkembangan indera pengecap bayi. Namun tidak disarankan untuk memaksa bayi agar mau makan dalam jumlah yang banyak. Para ibu harus bersabar memperkenalkan makanan sedikit demi sedikit.

Beri Jeda

Dalam memberikan makanan pendamping ASI, pastinya para Ibu akan mengalami kesulitan ketika sang anak enggan mencoba makanan tersebut. Oleh karena itu, diperlukan jeda waktu agar anak mau mencoba makanan pendamping yang Ibu berikan.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Mengatasi Kaki Dingin Dengan Mudah dan Sederhana

Pemberian MPASI dapat dilakukan dua kali dalam sehari. Pemberian dilakukan 2 hingga 3 jam setelah meminum ASI. Hal ini dilakukan agar pada saat diberi makanan, bayi dalam keadaan tidak terlalu kenyang. Ibu bisa meningkatkan jumlah asupan sedikit demi sedikit sesuai kebutuhan bayi.

Pemberian Makanan Tunggal Pertama

Untuk pemberian MPASI yang aman, banyak dokter menyarankan hanya memberi satu macam makanan saja selama 2 minggu pertama. Pemberian dimulai dari jenis makanan yang tidak membuat alergi seperti buah-buahan lunak maupun sayur-sayuran.

Berikan campuran berupa ASI ataupun susu formula jika bayi anda tidak menolak. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya alergi.

Pemberian Makanan Selanjutnya

Setelah selesai di tahap pemberian makanan tunggal, ibu bisa mencampurkan makanan pendamping tersebut dengan bahan makanan lain. Bahan makanan yang bisa menjadi alternatif yaitu telur dan daging. Usahakan makanan matang dengan sempurna.

Berikan dalam porsi bertahap (tidak langsung banyak). Namun perlu diperhatikan, pemberian makanan berprotein ini harus memastikan apakah keluarga ada yang mempunyai alergi protein atau tidak. Karena biasanya bayi menurun dari orang tua.

Tidak Memberikan Garam dan Gula

Banyak dokter menyarankan agar ibu tidak memberikan garam maupun gula kepada bayi hingga ia berusia satu tahun. Namun hal ini tergantung kondisi bayi. Berikan sedikit demi sedikit dan bertahap untuk memperkenalkan rasa manis dan asin.

Tidak Memberikan Madu dan Susu Sapi

Madu dan susu sapi memiliki kandungan yang dapat membuat perut bayi sembelit sehingga pencernaan terganggu. Hal ini karena lambung dan usus bayi masih rentan oleh bahan makanan tersebut. Anda disarankan melakukan pemberian madu dan susu sapi setelah bayi berumur satu tahun ke atas.

Baca Juga : Jenis Makanan Sehat Yang Justru Berbahaya Jika Diberikan Kepada Bayi

Finger Food

Selain memperkenalkan makanan, MPASI juga berguna untuk melatih motorik dan kemandirian anak. Jika bayi anda sudah mampu memegang benda dengan baik, anda bisa mencoba memberikannya finger food. Nantinya bayi akan belajar bahwa makanan yang ia pegang lebih kasar dari makanan yang sedang anda suapkan kepadanya.
Loading...