Bisnis Jual Beli Template Blog Premium Dalam Hukum Kekayaan Intelektual


Bisnis jual beli template blog atau yang sering dikenal dengan tema blog, saat ini mulai hangat diperbincangkan dikalangan grup Blogger Indonesia. Pasalnya, terdapat beberapa kasus yang dimana, ketika seseorang membeli Template Premium dari seorang Pencipta Template, si pembeli tersebut menjual kembali kepada orang lain. Bahkan pembeli tersebut menjual kembali dengan harga yang murah.

jual beli template blog

Hal ini dianggap merugikan para pembuat tema yang sebenarnya telah sangat membantu para Blogger dengan menjual ide dengan harga yang sangat murah. Dengan bermodalkan uang 100 hingga 150 ribu, seorang Blogger dapat memiliki sebuah tema dengan tampilan yang sangat menarik. Banyak sekali perdebatan atas bisnis jual beli tema yang dianggap melanggar hak cipta seseorang. Namun beberapa diantaranya mengganggap jual beli tema premium bukanlah hal yang melanggar.

Maraknya jual beli template ini dikarenakan kebutuhan para Blogger untuk mendapatkan tema yang dianggap Responsive dan SEO. Hal ini juga dipengaruhi adanya informasi yang menerangkan bahwa template blog mempengaruhi sebuah blog untuk mendapatkan akses Google Adsense

Baca Juga :  Tiga Hal Penting Yang Harus Ada Pada Template Blog Saat Daftar Adsense

Namun, bagaimana sebenarnya bisnis jual beli yang termasuk kategori transaksi kekayaan hak intelektual ini? Kita pahami terlebih dahulu konsep dasar dari Hak Kekayaan Intelektual atau Intellectual Property Rights (IPR).

Pengertian Hak Kekayaan Intelektual

Hak kekayaan intelektual atau HaKI adalah hak yang berasal dari hasil kegiatan intelektual manusia yang memiliki manfaat ekonomi. HaKI merupakan hasil olah pikir yang menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna untuk kepentingan manusia (Sumber : kanal.web.id).

jual beli template blog premium

Sehingga dapat dijelaskan bahwa template yang diciptakan merupakan sebuah mahakarya seseorang yang merupakan hasil olahan ide yang mengandung nilai bisnis. Nilai bisnis dari sebuah ide yang dituangkan dalam sebuah template blog mengandung kekayaan intelektual yang memiliki hak dan diatur dalam Undang Undang.

Dasar Hukum Hak Kekayaan Intelektual

Dalam jual beli template blog, terdapat beberapa dasar hukum yang sebenarnya yang harus dipatuhi oleh kedua belah pihak. Seperti yang kita ketahui bahwa Template Blog merupakan sebuah ide yang masuk dalam Kekayaan Intelektual.

bisnis jual beli template premium

Hak kekayaan intelektual sendiri diatur dalam UU Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta.

Dalam Pasal 1 ayat 12 menyebutkan bahwa : Penggandaan adalah proses, perbuatan, atau cara menggandakan satu salinan Ciptaan dan/atau fonogram atau lebih dengan cara dan dalam bentuk apapun, secara permanen atau sementara.

Dan dalam pasal 9 ayat 1 disebutkan bahwa : Pencipta atau Pemegang Hak Cipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 8 memiliki hak ekonomi untuk melakukan salah satunya Penggandaan Ciptaan dalam segala bentuknya.

Dan dilanjutkan pada pada ayat 3 pada pasal 9 tersebut bahwa : Setiap Orang yang tanpa izin Pencipta atau Pemegang Hak Cipta dilarang melakukan Penggandaan dan atau Penggunaan Secara Komersial Ciptaan.

Jadi, dari beberapa pasal yang disebutkan tadi, sebenarnya dapat disimpulkan bahwa seorang pembeli Template telah melanggar Hukum Jika melakukan penggandaan atau menjual ulang tema tanpa seizin pemilik.

Tetapi, benarkah demikian?

Konsep Dasar Dalam Sebuah Bisnis

Walau pada dasarnya menggandakan atau menjual kembali tanpa seizin pemilik adalah melanggar hukum, terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan oleh si pemilik. Dalam sebuah bisnis, terlebih dalam sebuah bisnis online, sebuah perjanjian dan kontrak mengikat harus disampaikan dengan jelas.

jual beli template blog premium

Hampir rata penjual template tidak pernah menjelaskan bagaimana sistem kerja transaksi ini harus berjalan. Dari beberapa Web penyedia template, mereka hanya menyebutkan bahwa template yang dibeli tidak boleh dijual kembali oleh si pembeli.

Baca Juga :  Cara Membuat Kontrak Bisnis Sesuai Peraturan Hukum

Jadi bagaimana jika sebuah template di desain ulang? Atau ketika sebuah template di sebarkan secara gratis kepada orang lain yang membutuhkan? Pentingnya sebuah kejelasan transaksi menjadi Kunci Utama untuk mengamankan IDE INTELEKTUAL. Karena memang pada dasarnya, pelanggaran hak cipta masih menjadi salah satu kasus tertinggi di Indonesia.

Cara Yang Paling Tepat Untuk Berbisnis Template Blog

Bisnis jual beli template blog memang perlu menjadi perhatian lebih bagi kalangan publisher. Dari informasi yang TrenDi Info dapatkan, sebuah template yang baik, mampu memakan 2 sampe 4 hari proses pengerjaan.

bisnis jual beli template

Namun bagaimana cara yang paling tepat dalam berbisnis blog ini? Seperti yang dijelaskan sebelumnya, bahwa Membuat Kontrak atau Perjanjian yang jelas akan membantu mengurangi kecurangan yang dilakukan pembeli. Penjual dapat mengajukan sangsi Hukum bagi setiap pembeli yang melanggar.

Selain itu, pengembangan mitra kerja antar sesama Blogger, akan mampu menjaga keamanan hak cipta. Jika anda seorang penjual, maka temukan partner bisnis terpercaya anda untuk memasarkan produk anda dipasar.

Baca Juga : Membuat Kontrak Bisnis Online Untuk Tampil Lebih Profesional

Misalkan, TrenDi Info yang akan menawarkan kepada Blogger Anggry untuk menggunakan template model A. TrenDi Info yang dijadikan partner bisnis wajib untuk menjelaskan bagaimana kewajiban pembeli. Dengan ini, Pencipta dapat terus mencipta tanpa takut untuk dirugikan.

Salam Blogger. Salam TrenDi Info - Informasi TrenDi Setiap Hari

0 Response to "Bisnis Jual Beli Template Blog Premium Dalam Hukum Kekayaan Intelektual"

Post a Comment

Pesan Anda Sedang Di Moderasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...