Pengertian Penawaran Koin Digital Atau Initial Coin Offering (ICO) Di Dunia Crypto


Apa Itu Initial Coin Offering (ICO) ? Mungkin bagi sebagian dari kita yang baru saja mengenal seputar dunia mata uang digital yang biasa juga disebut dengan cryptocurrency akan sedikit asing mendengar istilah tersebut apa lagi mengenalnya. Sedikit mengawali pembahasan kita kali ini, ICO sebenarnya adalah singkatan dari Initial Coin Offering. Berikut ini penjelasan selengkapnya tentang apa itu ICO beserta keuntungan dan kerugiannya.

Penjelasan tentang Apa Itu ICO

Di dalam dunia mata uang digital atau cryptocurrency, bisa juga diartikan sebagai penawaran koin yang dilakukan lebih awal sebelum koin tersebut dijual untuk publik di pasaran. ICO sendiri juga bisa dibilang sebuah crowdfounding dimana dalam konsep pendanaan tersebut crypto terbaru atau mata uang digital yang baru dirilis dijual kepada para investor dengan penawaran yang sangat menguntungkan.
Pengertian ICO dalam dunia crypto

Tujuan utama dari praktek penawaran ICO ini adalah agar para developer mata uang digital dapat mengumpulkan biaya untuk pendanaan proyek atau usaha mereka menciptakan koin digital baru. Dengan teknik crowdfounding ini mereka akan mampu mengumpulkan banyak investor yang nantinya akan ikut andil dalam pendanaan proyek mereka yang sedang berjalan.

Praktik ini terlihat jelas mengalami perkembangan yang cukup signifikan pada tahun 2017, hingga saat ini. Walaupun mulai baru gencar dilakukan pada tahun 2017 yang lalu, sebenarnya ICO sudah cukup lama dikenal. ICO pertama kali digelar di tahun 2013, saat itu untuk pertama kalinya koin mastercoin atau OMNI di rilis, sebelum akhirnya di lepas dan dijual bebas di berbagai forum.

Keuntungan ICO

Dalam dunia bisnis, untung dan  rugi adalah satu hal yang saling berkaitan dan harus sangat diperhatikan. Begitupun dengan para developer koin digital ini. Dengan melakukan praktek Initial Coin Offering ini seperti yang telah sedikit kita bahas diatas, mereka (developer) dapat dengan mudah menggalang dana yang digunakan sebagai modal pembangunan proyek yang sedang dikembangkanya.

Pengertian ICO dalam dunia crypto

Contoh ICO : FarmaTrust Atasi Peredaran Obat Palsu Dengan Teknologi Blockchain Dan AI

Investor sendiri yang mengikuti crowdsale ICO akan diuntungkan manakala koin yang mereka beli dari ICO dengan harga yang sangat murah mengalami kenaikan nilai jual di kemudian hari. Contohnya saja saat ICO merilis koin Euthereum pertama kali di tahun 2015, yang mana kampanye tersebut termasuk dalam salah satu kampanye tersukses. Para investor yang mengikutinya dan membeli Euthereum di penawaran awal tentu saat ini telah mendapatkan banyak keuntungan karena nilai Euthereum yang terus naik, bahkan saat ini harga 1 koin euthereum telah mencapai nilai 0.12 BTC.

Kerugian ICO

Kalau gak untung, ya rugi! Itulah bisnis. ICO sendiri bisa dikatakan sebagai praktik investasi yang cukup tinggi resiko. Bagaimana tidak, kita sebagai seorang investor yang membeli koin ICO tidak pernah tahu bagaimana prospek dari perkembangan nilai koin tersebut nantinya. Bisa jadi harganya melonjak naik, namun juga tidak menutup kemungkinan koin yang baru rilis tersebut ternyata tidak laku dijual di marketplace.

Baca Juga : Teknologi Savedroid Memungkinkan Semua Orang Memiliki Mata Uang Crypto

Atau bahkan ada juga beberapa kasus yang terjadi dimana para investor yang telah membeli banyak koin ICO, namun pada saat yang yang telah ditentukan koin yang dijanjikan tidak pernah rilis di pasar koin. Uang investor yang telah masuk untuk membeli koin itupun tak tahu dimana rimbanya karena praktik ICO yang SCAM.
pengertian ico dalam dunia crypto

Cara Mengetahui ICO yang Terpercaya

Setelah kalian tahu dan paham tentang penjelasan lengkap apa itu ICO beserta keuntungan dan kerugiannya, mungkin ada diantara kalian yang berniat untuk membeli koin ICO, namun alangkah baiknya jika kalian terlebih dahulu mengecek tentang track record dan mencari rekomendasi ICO yang benar-bebnar terpercaya atau bukan scam. Caranya cukup mudah, karena ada salah satu website yang dmenjadi rujukan banyak investor sebelum menginvestasikan uangnya untuk membeli koin ICO, website tersebut adalah https://icoreview.site/.

0 Response to "Pengertian Penawaran Koin Digital Atau Initial Coin Offering (ICO) Di Dunia Crypto"

Post a Comment

Pesan Anda Sedang Di Moderasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...