Jalan Lintas Hancur, Warga Pinang Belapis Kabupaten Lebong Protes

PROMOTED BY
TrenDi Info - Lebong, Kecamatan Pinang Belapis. Sebuah desa di salah satu Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong Propinsi Bengkulu, yakni Desa Tambang Sawah sangat memprihatinkan. Tidak hanya karena ekonomi masyarakat yang sulit, tetapi juga kondisi jalan yang sangat buruk.

Kondisi jalan yang menjadi jalur lintas Muara Aman - Pinang Belapis menjadi hancur karena indikasi penggunaan kendaraan angkutan berat seperti Truk Batu Bara milik salah satu perusahaan asal Jambi. Hal ini menuai protes dari masyarakat setempat agar pemerintah Kabupaten Lebong segera mengambil sikap.

Jalan lintas ini seyokyanya merupakan jalan yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu. Namun masyarakat sekitar sangat berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong dapat memperjuangkan perbaikan jalan lintas Muara Aman-Pinang Belapis itu melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat provinsi tahun ini.

Salah satu warga, Sumitro menjelaskan bahwa sebenarnya jalan ini sudah pernah diperbaiki dalam masa anggaran 2017. Namun karena aktivitas truk pengangkut batu bara yang selalu ada setiap hari, menyebabkan jalan menjadi rusak. Hal ini disampaikan melalui media lokal Harian Rakyat Bengkulu.

Dampak Rusaknya Jalan Di Desa Tambang Sawah

Dalam roda perekonomian, tentu saja jalan merupakan salah satu faktor utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Akses yang sulit ini menjadikan alur distribusi pasar menjadi terganggu.

Protes Warga Pinang Belapis
Kondisi Jalan Lintas Kab. Lebong - Sumber : harianrakyatbengkulu.com

Tidak itu saja, Risman yang juga merupakan penduduk lokal setempat menjelaskan bahwa Jalan yang rusak juga sangat beresiko mengancam keselamatan pengguna jalan. Soalnya beberapa titik kerusakan, sudah sangat parah kondisinya karena lebih separo badan jalan ambles. Sementara di salah satu sisi badan jalan terbentang jurang curam.

Beliau menuturkan bahwa sudah banyak warga sekitar ataupun yang berasal dari luar daerah mengalami kecelakaan di jalur lintas ini. Hampir keseluruhaan kejadian lakalantas merupakan kendaraan roda dua.

Respon Pemerintah Kabupaten Lebong

Namun terkait kerusakan jalan ini wilayah Kecamatan Pinang Belapis, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebong sudah menjalin komitmen dengan pihak perusahaan untuk masalah pemeliharaan. Intinya perusahaan batu bara itu diminta bertanggungjawab memperbaiki kerusakan jalan.

Protes Warga Pinang Belapis
Kantor Bupati Lebong - Sumber : garudacitizen.com

Melalui Kabid Pengendalian dan Evaluasi pembangunan Bappeda Kabupaten Lebong, Partono, SE, anggaran yang wajib dikucurkan perusahaan dapat berupa dana CSR (Coorporate Social Responsibility). Beliau meyakinkan bahwa tahun 2018 ini pihak perusahaan akan mulai melaksanakan perbaikan yang dianggap karena angkutan batu bara miliknya.

Tag :  Protes Warga Pinang Belapis, Lebong, Liputan Kabupaten Lebong
Rekomendasi Untuk Anda × +
Berikan Komentar
0 Comments

0 komentar

BANTU KAMI