Apa Itu Ethereum dan Bagaimana Cara Mendapatkan Ethereum ?

▼▼Dapatkan Voucher Hingga 100.000 Di Sini▼▼
Kalian pasti sudah mengenal apa itu Bitcoin, bukan ? Nah, Ethereum sendiri sebenarnya tak jauh berbeda dengan bitcoin. Ethereum merupakan salah satu dari beberapa Blockchain yang memiliki mata uang sendiri yang biasa disebut dengan istilah Ether.

Menurut situs website resmi dari organisasi Ethereum sendiri yakni ethereum.com, Ethereum adalah sebuah jaringan peer to peer atau platform yang terdesentralisasi dimana didalamnya smart contract dapat dijalankan tanpa ada campur tangan dari pihak lain.

Ethereum dibuat dan pertama kali dikenalkan pada tahun 2014 oleh penciptanya Vitalik Buterin, seorang pensiunan dari Bitcoin Magazine yang merupakan salah satu media terkenal di dunia cryptocurrency. Vitalik Buterin memperoleh dana pengembangan Ethereum dengan sistem ICO yang menjual koin Ether. Dalam praktik tersebut, Ethereum mendapatkan banyak pembiayaan dari para investor yang melakukan pembelian koin Ether melalui proses Initial Coin Offering (ICO).
Berikut salah satu contoh ICO yang masih berjalan di bulan Februari 2018 ini :
Teknologi Savedroid Memungkinkan Semua Orang Memiliki Mata Uang Crypto.

Perbedaan Ehthereum Dengan Bitcoin

Perbedaan mencolok dari kedua Blockchain diatas adalah pada tujuan dibuat serta dikembangkannya Ethereum dan Bitcoin. Pada dasarnya Bitcoin lebih menekankan fungsinya sebagai sebuah sistem mata uang Crypto  peer to peer untuk transaksi di dalam Blockchain Bitcoin itu sendiri.

Apa Itu Ethereum Cara Mendapatkan Ethereum

Sedangkan Ethereum diciptakan khusus untuk dapat menyimpan berbagai macam data. Data-data tersebut bisa diakses program terdesentralisasi (dapps) yang berjalan di dalam Blockchainnya Ethereum.

Baca Juga : Mengenal Pengertian Teknologi Blockchain Pada Mata Uang Crypto

Sistem tersebut memungkinkan para developer yang ada di seluruh penjuru dunia untuk bisa menjalankan aplikasi desentralisasi di dalam blockchain milik ethereum. Tujuan utama sistem tersebut dibuat adalah untuk pengembangan industri keuangan, penyimpanan data rahasia, dan lain sebagainya. Hal ini juga merupakan satu implementasi dari rencana dan tujuan dari diciptakannya Ethereum, yakni untuk menjadi sebuah komputer dunia.

Cara Mendapatkan Ethereum

Ethereum secara legal bisa kalian dapatkan dengan cara membelinya di beberapa situs resmi yang sudah memiliki predikat terpercaya. Untuk kita yang tinggal di Indonesia dan ingin mendapatkan koin Ether/Ethereum tersebut, kita dapat membelinya melalui website https://bitcoin.co.id/.

Sebelumnya pastikan kalian telah memiliki akun di situs tersebut, jika belum silahkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu. Setelah itu kalian harus mengisi saldo rupiah kedalam website bitcoin.co.id, yang nantinya akan bisa kita tukarkan dengan mata uang crypto Ether.

Selain menggunakan mata uang rupiah untuk membeli koin Ether, kalian juga bisa mendapatkan Ether dengan cara menukarkan koin crypto lain milik kalian. Binance.com dan Changelly adalah dua contoh dari beberapa website tempat dimana kalian bisa menukarkan koin crypto yang sudah kalian miliki dengan koin Ether dari ethereum.

Apa Itu Ethereum Cara Mendapatkan Ethereum

Mendapatkan Ether tak hanya bisa kalian dengan cara membelinya, kalian juga bisa memiliki dan mengumpulkan koin tersebut dengan cara menambang atau yang sering disebut dengan istilah mining. Namun demikian, cara ini termasuk dari satu cara yang tak mudah untuk dilakukan, apalagi oleh pemula. Untuk menambang koin Ether ini kalian membutuhkan alat khusus yang berharga sangat mahal dan kemampuan yang expert. Maka dari itu, kebanyakan dari para penambang Ether ini adalah perusahaan-perusahaan yang memiliki cukup banyak modal untuk membeli peralatan mining dan merekrut orang  yang berpengalaman di bidang penambangan koin digital.

Dari artikel tentang Apa Itu Ethereum dan Bagaimana Cara Mendapatkan Ethereum ? diatas, kami harap bisa bermanfaat bagi kalian yang sedang baru atau akan memulai terjun di dunia bisnis cryptocurrency.
Berikan Komentar
0 Comments

0 komentar