Hilang Semangat Nulis Artikel? Ikuti Tips Semangat Nulis Berikut

▼▼Dapatkan Voucher Hingga 100.000 Di Sini▼▼
Tips semangat nulis di blog memang sudah banyak beredar di web. Bahkan bisa jadi artikel ini tidak akan muncul dalam mesin pencarian pertama Google alias No Page One. Tapi kenapa saya masih tetap semangat buat nulis artikel yang kita tahu sendiri pesaingnya banyak, bahkan dah pada "Suhu" semua? Ya tentunya karena ada tips semangat nulis yang selalu saya lakukan dan bisa terkesan aneh.

Tips semangat nulis di blog

Berbeda dari biasanya, kebanyakan orang akan menjelaskan tips semangat nulis artikel di Blog adalah harus didasari karena Hobby. Benar tidak? Tetapi saya sendiri tidak hobby menulis. Jadi gimana dunk? Pastinya apa yang saya rasakan banyak juga dirasakan oleh para Blogger yang cenderung "berburu" penghasilan dari ngeblog.
Saya adalah tamatan Sarjana Ekonomi yang dikala SMA mengambil Jurusan IPA yang kebanyakan duduk di kantin sekolah
Semua memang kembali ke diri masing-masing untuk mendapatkan passion dalam menciptakan sebuah konten. Dan dua hal yang paling sering muncul adalah memang karena hobby, dan juga karena penghasilan. Dan kali ini, tips semangat nulis artikel yang paling ampuh menurut saya adalah karena Penghasilan, bukan karena Hobby.

Penghasilan Itu Kebutuhan, Bukan Hobby

Sebelum masuk kedalam pembahasan tips semangat nulis, perlu saya tekankan bahwa untuk mendapatkan semangat, kita wajib memiliki pola fikir bahwa saya memang butuh penghasilan. Namun penghasilan untuk apa? Kalau butuh penghasilan hanya untuk beli gorengan ya tentu saja percuma. Nggak perlu ngeblog kalau target kamu hanya sebatas gorengan saja. 

Saya adalah kepala rumah tangga yang butuh penghasilan, ntah dari pekerjaan saya sebagai PNS, ataupun dari ngeblog ini sendiri.
Semangat ketika berhasil mendapatkan penghasilan untuk keluarga adalah Tips Semangat Nulis yang utama. Karena saya sendiri punya kepuasan ketika mendapatkan sesuatu untuk diberikan kepada orang yang kita sayang. Lebay? Pastinya bagi yang Jomblo.

Jika kamu sudah punya target untuk siapa kamu bekerja sebagai penulis artikel, maka kamu bisa melanjutkan membaca tips semangat nulis berikut. Kalau belum, yah tetap saja baca. Siapa tahu habis ini kamu jadian atau bahkan nikah.  

Tips Semangat Nulis Yang Pasti Efektif

Sehebat apapun kamu menulis, pasti akan kehilangan semangat ketika apa yang kamu tulis tidak dihargai dan tidak menghasilkan apa-apa. Setidaknya yang kamu harapkan ada yang baca, ada yang komen, dan ada yang re-share. Apalagi kalau ada yang cendol menyendol tanpa harus screenshoot.

Manusiawi saja dan tidak perlu munafik bahwa Aktualisasi diri merupakan hierarki tertinggi dari sifat manusia. Tetapi tidak dipungkiri bahwa hilangnya semangat nulis hanya karena kebanyakan melakukan kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemula. Untuk itu, tips semangat nulis berikut ini saya jamin akan membuat kamu berapi-api untuk menulis sebuah konten tanpa copy paste. Simak penjabarannya :

Tips 1 - Menulis Di Web Berbayar

Sebelum fokus di dunia Blogger, saya sendiri adalah penulis lepas di berbagai situs, dari yang kecil, menengah, hingga situs besar sekelas IDNTimes. Kala itu saya tidak sengaja membuka sebuah artikel yang berjudul "Menulis Artikel Dibayar Mahal" (kalau nggak salah). Hingga saya fokus menulis di satu website saja yang merupakan Langkah Awal saya menjadi sangat antusias dalam menulis.

Sebuah situs bernama Klik Mania yang dikelola oleh mas Gani Sebastian, menjadi langkah awal yang sangat baik dalam hal menumbuhkan semangat menulis. Kenapa tidak, situs ini mau membayar mahal artikel yang kita buat. Ditambah rasa bangga ketika artikel kita lolos diterbitkan, dan artikel orang lain tidak.

Disitus ini saya belajar bagaimana cara menulis sebuah konten yang benar walau belum berkualitas. Dan juga saya belajar apa dan bagaimana SEO yang selalu digunjingkan para Blogger. Dan pastinya setiap bulan saya menghasilkan uang setidaknya 400 ribu sebulan.
Awalnya artikel hanya berjumlah 300 - 400 kata, hingga akhirnya artikel 800 kata menjadi standar artikel yang saya kirim.
Pemilik website ini juga sangat ramah, secara penghasilan web yang dikelolanya sudah sangat besar. Dan akhirnya saya memutuskan untuk berhenti menulis disana karena sudah merasa mampu menghasilkan lebih ditempat yang lain. Dan TrenDi Info menjadi media saya menulis dan beliau menjadi mentor saya.

Tips 2 - Ikut Kompetisi Blogger

Kalau saja guru atau dosen kamu memberikan tugas yang menentukan masa depan kamu, apa yang kamu lakukan? Pastinya kamu akan membuat tugas tersebut hingga tuntas bukan. Seperti itulah kira-kira tips semangat nulis yang kedua ini.

Dengan ikut kompetisi Blogger, kamu akan semangat menulis sebuah konten berkualitas. Dari melakukan survey, hingga melakukan penelitian agar konten yang diberikan layak dan dapat dipertanggung jawabkan.

Bayangkan saja kalau kamu mengikuti setiap kompetisi Blogger, berapa artikel yang akan kamu miliki? Misalnya saja dalam bulan januri ini terdapat 15 Kompetisi dan kamu mengikuti 10 diantaranya. Berarti setidaknya kamu akan membuat 10 artikel yang dikompetisikan, dan 10 artikel sebagai bahan "pembantu" untuk menanamkan Internal Link.

Walau kemungkinan menang tidak besar, setidaknya ini akan menjadi penyemangat kamu untuk tetap menulis artikel. Semakin sering kamu ikut dalam kompetisi, kemampuan analogi berfikir kamu untuk membuat artikel dengan konsep "Piramida Terbalik" akan muncul dan berkembang.

Tips 3 - Tawarkan Jasa Menulis Ke Publik

Tips semangat nulis yang ketiga adalah menjadikan menulis sebagai ladang bisnis. Kamu tahu seberapa banyak orang yang malas atau tidak sempat membuat artikel di websitenya? Banyak sangat dan berserakan. Berbeda halnya dengan menulis di Web orang, kali ini kamu benar-benar tidak perlu menunggu artikel kamu diterima editor. Cukup menjual hasil karya kamu kepada pembeli.

Bisa kamu lihat sendiri, penjual artikel selalu lebih sedikit dari pada pembeli. Karena memang banyak orang belum menjadikan menulis sebagai Fokus Utama. Andai saja kamu sudah melakukan tips semangat nulis pertama dan kedua, maka kamu bisa memiliki "Brand" ketika calon konsumen kamu meminta contoh artikel yang kamu buat.

Saya sendiri sudah memiliki langganan tetap yang selalu memesan artikel setiap minggunya. Sampai-sampai saya harus menyewa jasa orang lain untuk membuat artikel. Istilahnya Re-Sell atau menjual kembali dan pastinya sudah saya edit kembali agar lebih pas.

Tidak perlu berharap banyak dari Google Adsense, karena saya pribadi tidak mendapatkan hasil maksimal dari Adsense yang cuma butuh 8 jam untuk diterima sepenuhnya (Nyombong dikit ah). Lebih besar penghasilan saya dari jual beli artikel, setting Template Blog, hingga jasa layanan Transalasi Bahasa.

Tips 4 - Bentuklah Sebuah Tim

Tips semangat nulis yang terakhir adalah dengan membentuk sebuah Tim yang benar-benar fokus. Carilah Tim yang memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mendapatkan penghasilan. Kalau tujuan utamanya karena Hobby, yakinlah hasil artikel yang dibuat juga karena sekedar hobby.
Hobby itu tidak terikat aturan, karena Hobby adalah sebuah kehendak bebas
Idealis sih boleh, tapi harus juga realistis. Karena dalam bisnis, permintaan konsumen adalah segalanya. Kalau konsumen meminta artikel tentang Travelling, yah jangan dikasih Teknologi. Bentuk sebuah tim yang ingin belajar dan punya rasa penasaran. Untuk tips semangat nulis yang terakhir ini, cukup batas sini saja. Yah karena emank cuma batas sini.

Jadi bagaimana? Sudah dapat kembali semangatnya? Semoga tips semangat nulis ini mampu memberikan pencerahan dikala gelap melanda. Semoga mampu menginspirasi, mencendol, dan share biar viral.

TrenDi Info, Informasi Trendi Setiap Hari.
Berikan Komentar
0 Comments

0 komentar