Waspada! Tiga Kesalahan Blogger Pemula Yang Harus Dihindari

PROMOTED BY
Kesalahan blogger pemula adalah salah topik pembahasan yang sebenarnya sudah lama ingin saya angkat. Karena hampir merata teman-teman Blogger yang baru menggeluti bisnis blogging melakukan kesalahan-kesalahan yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Banyak yang tidak tahu bahwa profesi sebagai penulis merupakan salah satu profesi yang akan bertahan dimasa depan. Karena hampir 80% perusahaan didunia sudah mulai menerapkan konsep pemasaran digital yang menggunakan Internet sebagai media promosi.

Siapa yang menyangka, sebuah ulasan singkat dari Review Produk, seperti Initial Coin Offering (ICO) bisa menghasilkan jutaan rupiah. Menariknya, para Blogger kenamaan mampu menyewakan space iklan secara langsung kepada perusahaan tanpa melalui platform Adsense seperti Google Ads ataupun yang lain.


Kesalahan Blogger Pemula

Perusahaan tersebut memerlukan penulis konten dan juga membutuhkan bantuan para Blogger untuk menaikkan Brand melalui jalur Review Produk. Besarnya peluang bisnis menjadi seorang penulis didunia Blogging, menimbulkan sebuah dampak baik dengan ditandainya bermunculan para Blogger baru alias Newbie.

Tetapi nampaknya, legitnya keuntungan yang dihasilkan dari bisnis ini membuat para pendatang baru lupa bahwa ada aturan yang harus diikuti. Walau aturan dalam dunia Bloging tidak pernah dituliskan dalam Buku Tata Naskah Blog (apa ada?), tetapi hal ini sudah menjadi standar kebiasaan para Blogger kenamaan.

Kesalahan Blogger Pemula. Lucunya artikel ini kemungkinan akan mendapat respon negatif dari Blogger Pro. Karena sebelum saya menuliskan ini, ada beberapa master yang menertawakan. Tetapi tetap saja, ada yang mendukung. Berikut ini Tiga Kesalahan Blogger Pemula yang wajib dihindari.

1. Malas

To the point saja, hampir kebanyakan para Blogger Newbie (termasuk saya dulu) itu "MALAS". Bukannya malas menulis artikel, tetapi malas mencari tahu lebih dalam tentang bagaimana menjadi seorang Blogger yang benar.

Kesalahan Blogger Pemula

Sepertinya julukan "Mbah Google" yang terkenal itu, tidak berlaku bagi Blogger ini. Setiap ada masalah, pasti selalu bertanya kepada orang lain yang dianggap lebih pro. Tentu saja bertanya dengan orang lain itu penting, tetapi mencari Informasi Sendiri itu lebih penting.

Perhatikan Analogi Berikut ini :

Kamu sedang menghadapi masalah "Bagaimana agar diterima Adsense". Seketika itu juga kamu langsung mengajukan pertanyaan di Grup Komunitas. Nah, apakah kamu akan mendapatkan jawabannya? Bisa Iya dan Tidak.

Kita anggap kamu dapat jawaban yang memuaskan. Tetapi apakah ada informasi Lain yang kamu dapatkan? Jawabannya TIDAK. Hanya sebatas itu saja.


Andai saja kamu terlebih dahulu mencari informasi di Google, bisa saja kamu akan mendapatkan informasi Lebih tentang bagaimana agar diterima adsense. Baik tentang Adsense itu sendiri atau bahkan tentang Alternatif Adsense yang lebih menarik. Kamu bisa mendapatkan solusi lain dibandingkan mendaftarkan Adsense. Benar? Ya pasti benar.

Jangan malas mencari informasi kawan, karena tidak selamanya orang akan menjawab pertanyaan yang selalu bertanya setiap hari. Dan ini adalah Kesalahan Blogger Pemula yang paling sering kita temukan.

2. Terlalu Sibuk Dengan Tema dan Koding

Sudah pasti kita sering melihat postingan tentang "Apa sih tema yang bagus?" atau "Gan, gimana yah biar postingan kita ada manik maniknya?". Yah memang dimaklumi, setiap orang bahkan saya sendiri ingin memiliki Template/ Tema blog yang wow, keren, canggih. Tapi apa pentingnya?

Kesalahan Blogger Pemula yang satu ini sering kali muncul dan tidak pernah habisnya muncul. Alias Muncul Terus. Coba perhatikan sesekali Blog para Blogger profesional, adakah mereka punya Blog yang Bling Blig? Fast Loading aja cukup.

Kesalahan Blogger Pemula

Walau ada, tetapi sangat jarang. Dulunya saya juga begitu, ingin punya tema jenis Slider, punya widget Box Facebook, dan lain sebagainya. Dan ternyata itu nggak ada gunanya kalau Artikel Kamu cuma SATU.

Sebagai pemula, baiknya kita fokus pada Konten Artikel, Bukan pada tema. Gunakan tema secukupnya, hingga nantinya kamu mendapatkan ide tema apa yang pas, seiring kamu Blog Walking. Ingat bro, Konten Berkualitas itu segalanya. Tanpa artikel, semewah apapun blog, nggak ada artinya.

3. Terlalu Sibuk Share dan Memantau Traffic

Dan yang terakhir, Blogger kita ini suka sekali share share artikelnya di medsos seperti Facebook. Niatnya sih biar trafficnya naik. Tetapi untuk apa coba? Yang ada kamu bakal pusing sendiri karena harus BW dan Cendol blog orang lain dan sibuk ScreenShoot.

Tetapi alasan saya memasukkan kategori ini sebagai kesalahan Blogger pemula bukan karena itu. Tetapi karena efektivitas atau kinerja blog akan menurun. Hampir semua teman-teman yang bertanya kepada saya, pasti selalu saya larang untuk membagikan postingan ke medsos sebelum Blog tersebut sudah matang.
Kesalahan Blogger Pemula
Terlebih bagi yang mengejar Google Adsense yang kita tahu sendiri suka sekali dengan namanya Pengunjung Organik dari mesin pencari. Hal ini akan mengurangi Kualitas Blog dimata Google. So, sebaiknya bagaimana om? Yah jangan suka share artikel di medsos om. Nimati sendiri saja dulu sampai artikel kamu sudah banyak dan punya atribut seperti internal link dan lain sebagainya.

Tetapi bagaimana dengan traffic? Jangan fikirkan traffic sebelum kamu punya punya Artikel dan Informasi yang bermanfaat. Andai saja kamu cuma punya 10 artikel, kemungkinan besar pengunjung hanya akan membaca 3 sampai 5 artikel saja. Bahkan bisa jadi kurang. Untuk itulah saya menyebutkan, bahwa sebagai penulis, jangan sampai kesalahan blogger pemula jadi milik kamu selamanya.

Sudah ah, kepanjangan. Moga moga kita menjadi blogger yang mau mencari. Salam sukses.
Rekomendasi Untuk Anda × +
Berikan Komentar
2 Comments

2 komentar

BANTU KAMI