Profesi Zaman Dulu Yang Hampir Jarang Kita Temui Saat Ini


Profesi Zaman Dulu - Perubahan zaman yang semakin cepat menyebabkan banyaknya jenis profesi yang semakin berkembang. Banyak profesi zaman dulu yang hampir atau bahkan tidak lagi digeluti oleh para pekerja.

Profesi Zaman Dulu
Industri yang berkembang dibantu dengan teknologi mengharuskan banyak orang untuk mulai mengembangkan ide kreatifnya sehingga dapat bersaing. Profesi zaman dulu yang mungkin pernah kamu jumpai saat kecil, sepertinya ada didalam daftar berikut ini.

1. Tukang Isi Ulang Korek Gas Keliling

Bagi yang lahir di era tahun 90-an kebawah, mungkin profesi zaman dulu ini sering dijumpai. Profesi ini masih sangat menguntungkan karena masyarakat masih menggunakan korek api batang dibandingkan korek api berbahan bakar gas. Harganya isi ulangnya juga cukup mahal sehingga untuk lebih menghemat penggunaan korek gas yang habis terpakai tidak langsung dibuang.

Harga waktu itu sekitar 500 rupiah yang jika dibandingkan dengan zaman sekarang mungkin sekitar 8.000. Berbeda dengan zaman sekarang, kebanyakan korek api gas akan langsung dibuang karena lebih murah jika membeli korek yang baru. Namun profesi zaman dahulu ini masih sering dijumpai di desa-desa terpencil yang memiliki sarana transportasi minim.

2. Permak Jeans Keliling

Selanjutnya profesi zaman dulu yang mulai langka adalah jasa reparasi celana jeans atau lebih dikenal dengan permak jeans. Profesi zaman dahulu ini sering dijumpai dikomplek perumahan yang jauh dari pasar dan juga para pedagangnya menghampiri rumah-rumah secara langsung atau sambil berteriak.

Walau jasa permak jeans ini masih sering kita jumpai, namun tidak banyak lagi yang berkeliling seperi zaman dulu. Profesi zaman dulu ini sangat membantu para ibu-ibu yang tidak sempat menjahitkan pakaian keluarganya. Apalagi bagi ibu-ibu yang tidak bisa menjahit.

3. Penyewaan VCD dan DVD

Dunia internet yang semakin maju ditambah dengan banyaknya situs berbagi video seperti YouTube menjadikan profesi zaman dulu ini sudah banyak ditinggalkan. Berkurangnya profesi penyewaan VCD dan DVD ini juga disebabkan karena sudah banyak bioskop yang dirasa lebih seru untuk ditonton.

Profesi ini dahulunya hanya sekedar membebankan tarif penyewaan sebesar 1.000 hingga 3.000 rupiah perharinya. Walau banyak VCD dan DVD bajakan, profesi zaman dulu ini banyak peminatnya. Mungkin kamu juga salah satu yang menggunakan jasa penyewaan ini.

4. Tukang Patri

Dan profesi zaman dulu yang terakhir adalah tukang patri atau tukang permak panci dan alat dapur lainnya. Biasanya para ibu-ibu selalu menggunakan jasa patri ini dikarenakan untuk lebih menghemat pengeluaran.

Tukang patri keliling ini dapat memperbaiki panci yang berlobang, penyok, atau bahkan membuat panci kembali baru. Biayanyapun tidak terlalu mahal dibandingkan dengan membeli panci baru yaitu sebesar Rp. 10.000 rupiah saja. Tukang patri ini juga mampu mengasah parang atau pisau yang sudah tumpul.

Profesi Zaman Dulu Yang Ditinggalkan

Walau banyak profesi yang semakin menjanjikan, bukan berarti bahwa profesi zaman dulu tidak berguna dizaman sekarang. Hanya perlu mengadaptasi teknologi dan sistem penjualan baru dan menerapkannya pada bisnis ini.

0 Response to "Profesi Zaman Dulu Yang Hampir Jarang Kita Temui Saat Ini"

Post a Comment

Pesan Anda Sedang Di Moderasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...