Mengetahui Pengertian Bisnis Startup Beserta Penjelasan Lengkap

▼▼Dapatkan Voucher Hingga 100.000 Di Sini▼▼
Pengertian Bisnis Startup – Perkembangan dunia bisnis saat ini telah melaju dengan sangat cepat. Bahkan sudah banyak menjamur variasi baru bisnis seperti Startup dan meninggalkan profesi lama. Belum banyak orang yang mengetahui secara jelas dan tepat pengertian bisnis Startup ini padahal sebenarnya bisnis ini sudah mulai bergerak maju diawal tahun 1998.

Pengertian Bisnis Startup

Bahkan berdasarkan pencarian menggunakan Google Trend, istilah Start Up hanya populer di daerah tertentu saja seperti Jakarta, Yogya, dan Jawa Barat. Selain itu, seperti yang diberitakan oleh media online Okezone, Kota Cirebon saja baru memasuki Era Startup pada awal tahun 2017 lalu.

Pengertian Bisnis Startup

Startup merupakan kata serapan yang diambil dari Bahasa Inggris yang memiliki makna dasar yaitu memulai atau merintis. Startup sendiri tidak hanya berdiri pada satu kategori saja, karena Startup juga merupakan bahasa yang mewakili sebuah proses menghidupkan atau mengaktifkan sebuah mesin seperti instalasi komputer ataupun yang lainnya

Pengertian Bisnis Startup

Sedangkan pengertian bisnis startup menurut Wikipedia yaitu perusahaan yang baru saja didirikan dan masih dalam tahap pengembangan dan penelitian untuk menentukan strategi segementasi yang tepat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Bisnis Startup adalah perusahaan yang baru didirikan dan masih dalam tahap pengembangan manajerial, baik secara finansial, marketing, dan operasional untuk mendapatkan Segmentasi, Targeting, dan Potitioning yang tepat.

Sejarah Bisnis Startup

Berdasarkan pengertian bisnis startup tersebut, dapat diketahui bahwa semua perusahaan yang baru memulai atau mendirikan bisnis masuk pada kategori Startup. Istilah bisnis startup sendiri sering dikaitkan dengan teknologi seperti internet dan yang berhubungan dengan website.

Hal ini dikarenakan bisnis Startup yang dipopulerkan secara global pada masa meluncurnya domain website dot com pada era 1998 – 2000. Banyak perusahaan berdiri hampir secara bersamaan dengan menggunakan website yang dikenal dengan fenomena buble dot-com ini.

Baca Juga : 4 Profesi Ini Mampu Bertahan Hingga 20 Tahun Mendatang Loh!

Saat itu banyak sekali bisnis perorangan meluncurkan ide bisnisnya dengan membuka website pribadinya. Dalam pengertian bisnis startup sendiri, perusahaan baru tersebut hampir kebanyakan belum menemukan segmen yang tepat bagi bisnisnya.

Namun menurut Ronald Widha dari TemanMacet.com, Startup tidak hanya perusahaan baru yang bersentuhan dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk tetapi bisa juga mengenai jasa dan gerakan ekonomi rakyat akar rumput yang bisa mandiri tanpa bantuan korporasi-korporasi yang lebih besar dan mapan.

Ciri-ciri Bisnis Startup

Memang sejarah perkembangan teknologi akan menggeser pengertian bisnis Startup itu sendiri. Semua tergantung pada konteks zaman yang mengikutinya. Namun kita dapat menyimpulkan secara sederhana bahawa pengertian bisnis startup berdasarkan ciri-ciri berikut ini :
  1. Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  2. Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  3. Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun
  4. Masih dalam tahap berkembang
  5. Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  6. Produk yang dibuat berupa aplikasi dalam bentuk digital
  7. Biasanya beroperasi melalui website
Bisnis Startup memang menjadi salah satu pilihan alternatif bagi seseorang yang ingin menggeluti sebuah bisnis. Seseorang dapat mengetahui ketepatan strategi bisnis ketika bisnis yang dimaksudkan telah berjalan. Sehingga mampu mengurangi resiko kerugian yang lebih besar.
Berikan Komentar
0 Comments

0 komentar