Ciri-ciri Artikel SEO Yang Berkualitas Tinggi


Ciri-Ciri Artikel Berkualitas SEO - Bagi seorang penulis tentunya ingin sekali membuat sebuah artikel dengan kualitas yang baik. Kualitas sebuah artikel yang baik akan mampu meningkatkan traffic penunjuk baik itu pada Blog ataupun Website. Tidak hanya untuk mendapatkan pengunjung, namun juga untuk mendapatkan penghasilan dari Adsense ataupun meningkatkan penjualan produk.
Ciri-Ciri Artikel Berkualitas SEO
Namun bagaimana artikel yang memiliki kualitas tersebut? Ada yang menyebutkan bahwa artikel yang berkaulitas harus memiliki konten yang bermanfaat dan enak dibaca. Dan ada juga yang menjelaskan bahwa artikel dengan kualitas Search Engine Optimizerlah yang dapat dikatakan berkualitas.

Sebagai penulis yang gemar mencari informasi TrenDi, banyak publisher mengatakan bahwa Artikel Berkualitas adalah Artikel Berkualitas SEO. Maksudnya adalah artikel berkualitas saja tidak akan maksimal jika tidak memiliki kualitas SEO. Kali ini akan dijelaskan bagaimana ciri-ciri artikel berkualitas SEO tersebut.

Ciri-Ciri Artikel Berkualitas SEO

Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa artikel berkualitas tetap harus memiliki kualitas SEO. Sehingga terdapat Dua Indikator penting untuk membuat sebuah artikel yaitu Kualitas dan Memiliki unsur SEO.

Ciri-Ciri Artikel Berkualitas

Artikel berkualitas tentunya pasti memiliki konten yang bermanfaat. Manfaat inilah yang dicari oleh para pembaca. Misalnya saja artikel dengan judul Cara Berpolitik Untuk Pemula yang mungkin bermanfaat bagi orang tertentu saja.

Atau artikel tentang Tips yang merupakan artikel yang paling banyak dicari karena memiliki manfaat yang dapat digunakan beberapa kali dan dalam waktu yang cukup lama. Untuk membuat artikel dengan kualitas yang baik terdapat beberapa kriteria yaitu sebagai berikut.

Metode Penulisan

Banyak yang berpendapat bahwa metode penulisan tidak menjadi faktor penentu terhadap sebuah kualitas konten. Padahal metode penulisan sangat mengambil peran penting dalam menentukan keberlanjutan pengunjung nantinya. Metode penulisan yang benar adalah dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami dengan alur cerita yang jelas dan teratur.

Baca Juga : Pengertian Bisnis Startup dan Penjelasannya

Bagi mahasiswa akhir yang sedang menulis Skripsi dikenal dengan metode penulisan Piramida Terbalik yang dimana pembahan umu selalu ditulis diawal dan diakhiri dengan puncak konten. Hal ini sangat diperlukan agar pengunjung merasa penasaran dan membaca konten hingga selesai.

Selain itu ada beberapa pengunjung yang tidak terlalu suka dengan bahasa Formal, sehingga menuntut kita untuk membuat sebuah konten yang lebih santai namun tidak bertele-tele. Intinya adalah bahasa mudah dipahami, menggunakan metode piramida terbalik, dan To The Point.

Struktur Kalimat dan Penulisan

Ciri-ciri artikel berkualitas juga ditentukan oleh struktur kalimat dan struktur penulisan. Struktur kalimat yang dimaksud adalah bagaimana cara kita menghubungkan beberapa kalimat menjadi sebuah paragraf yang memiliki Satu Informasi Penting.

Hal ini sangat penting karena biasanya pengunjung akan malas membaca ketika tidak menemukan apa-apa didalam paragraf pertama.
Untuk struktur penulisan yang benar berikut poin-poin penting dalam membuat Artikel Berkualitas (Non SEO).
  1. Jumlah kata minimal 300 kata. Banyaknya jumlah kata tidak mempengaruhi kualitas, namun terdapat standar minimal untuk sebuah artikel yang layak disebut artikel.
  2. Terdapat Sub Judul yang sesuai dengan pembahasan Konten Paragraf. Membuat Sub judul akan membuat nyaman para penulis karena mereka mendapatkan informasi penting dalam paragraf yang selanjutnya ia akan baca hanya dengan membaca Sub Heading.
  3. Dalam satu kalimat tidak boleh lebih dari 20 kata. Hal ini akan membuat kepala pembaca pusing karena kalimat terlalu panjang. Namun hal ini tidak berlaku jika kalimat merupakan susunan kata Akronim atau Singkatan seperti TMII.
  4. Dalam satu Sub Heading tidak boleh lebih dari 300 kata. Jika dalam satu sub judul memiliki kata berjumlah 300 sebaiknya kamu membuat sub judul baru dengan menggunakan Minor Heading.

Ciri-Ciri Artikel Berkualitas SEO

Setelah kamu memahami ciri-ciri artikel berkualitas (Non SEO), saatnya membahas Ciri-Ciri Artikel Berkualitas SEO, yang berarti artikel mudah dicari di mesin pencari. Elemen SEO memiliki beberapa indikator sebagai berikut :

Memiliki Keywords

Ciri-ciri Artikel Berkualitas SEO yang pertama adalah memiliki Kata Kunci atau keywords. Kata kunci ini akan membantu para pengunjung untuk menemukan artikel kamu di mesin pencari. Kata kunci terdiri dari dua jenis yaitu :
  1. Multiple Keyword, yang berarti terdapat beberapa kata kunci dalam artikel yang dipisahkan dengan tanda koma seperti, TrenDi Info, trendiinfo, artikel SEO. Terdapat tiga kata kunci yang digunakan. Biasanya Multiple Keyword hanya dapat digunakan melalui alat khusus.
  2. Log Tail Keyword, yang berarti kata kunci terdiri dari satu kalimat saja yang memiliki kemampuan kuat untuk mewakili isi artikel. Kata kunci ini paling sering digunakan para Blogger.

Memiliki Meta Keywords

Jika kalian mencoba menuliskan kata kunci "Hotel Unik Tidak Lazim" pada mesin pencari Google, kemungkinan kamu akan menemukan artikel saya. Nah, akan ada kalimat yang muncul pada halaman pencarian tersebut yang sebenarnya tidak akan kamu temukan didalam artikel. Coba kamu lihat gambar berikut ini :
Ciri-ciri artikel berkualitas SEO

Sebenarnya kalimat tersebut hanya kalimat yang sengaja disisipkan agar pengunjung tidak merasa tertipu atas judul yang dibuat. Meta keywords yang baik memiliki kata kunci yang diletakkan diawal kalimat dan memiliki jumlah karakter sebanyak 150.

Memiliki Gambar

Ciri-ciri artikel berkualitas SEO selanjutnya adalah memiliki gambar yang menjadi pendamping konten. Walau sebenarnya Robot Google tidak dapat membaca Gambar, tetapi kita tetap wajib membuat minimal satu gambar. Namun hal penting yang harus kamu ketahui, bahwa Gambar harus diselipkan Alt Atributes yang mengandung Kata Kunci.

Memiliki Inlink dan Outlink

Ciri-ciri artikel berkualitas SEO selanjutnya adalah memiliki tautan yang mengarah ke artikel pada Blog kita sendiri dan juga mengarah pada website orang lain yang sesuai dengan maksud tujuan. Inlink berfungsi untuk mempertegas bahwa kita memang membahas hal tersebut dan Robot Google akan melihat bahwa kita lebih banyak membahas hal tersebut dibandingkan blog lain.

Outlink sendiri akan berfungsi mengarahkan Robot Google untuk membuat artikel kita berada pada halaman pertama pencarian. Namun dengan syarat bahwa artikel kita memiliki Kualitas dan keyword yang tepat.

Memiliki Sebaran Keyword Yang Cukup

Jika kalian memperhatikan artikel ini, akan sering muncul kata-kata "Ciri-Ciri Artikel Berkualitas SEO". inilah yang perlu diperhatikan untuk membuat Artikel berkualias SEO. Semakin sering Keyword muncul dalam sebuah artikel, maka semakin tinggilah kualitas SEO kita dimata Robot Google. Namun ada syarat yang harus dipenuhi yaitu jumlah Keyword tidak boleh lebih dari 2% jumlah kata.

Memiliki Tautan URL Pendek

Ciri-Ciri Artikel Berkualitas yang terakhir adalah memiliki tautan URL yang pendek dan memiliki keyword. Biasa disebut Slurg. Ciri-ciri artikel berkualitas SEO pasti akan memanfaatkan URL sebagai penguat kata kunci. Sama halnya dengan artikel ini yang menggunakan URL dengan keyword didalamnya yaitu - ciri-ciri-artikel-berkualitas-seo. Dengan ini Robot Google akan mendeteksi artikel kamu menjadi yang pertama dipencarian.

Kesimpulan

Masih banyak sebenarnya Ciri-Ciri Artikel Berkualitas SEO yang dapat kamu temukan. Namun penjelasan diatas merupakan ciri-ciri utama SEO. Bagi pengguna WordPress, tentunya akan sangat mudah membuat sebuah artikel SEO, namun untuk para Blogger dengan Blogspot, kamu dapat memanfaatkan ciri-ciri artikel berkualitas SEO ini pada Blog kamu.

Semoga bermanfaat dan tinggalkan komentar SEO kamu yah. Share jika perlu.

5 Responses to "Ciri-ciri Artikel SEO Yang Berkualitas Tinggi"

  1. Lho katanya standar banyaknya kata naik jadi 500-800??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Standar kata itu tidak terbatas. Jika satu artikel cukup jelas dan rinci dengan 300 kata, itu sudah cukup dan bagus di mata google. Seperti web Arlina Desigzn yg cuma menggunakan 300 kata disetiap artikelnya

      Delete

Pesan Anda Sedang Di Moderasi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...